Kena Denda Hingga USD450 Juta, Berapa Nilai Aset Kripto Donald Trump?

Donald Trump

DasFacto – Donald Trump selaku Mantan Presiden Amerika Serikat dikabarkan mendapat sebuah instruksi untuk membayar denda sebesar USD355 juta setelah dituduh terlibat dalam kasus penipuan serta mengambil keuntungan dari penjualan aset yang beragam.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (29/4/2024), denda Donald Trump tersebut telah mengumpulkan bunga sebesar 9% per tahun, sehingga totalnya kini telah melonjak menjadi kewajiban sebesar lebih dari USD450 juta atau setara dengan Rp7,3 triliun jika dihitung dengan kurs saat ini.

Angka denda ini bertambah sebesar USD2,6 juta tiap bulannya, menempatkan Trump dalam risiko serius akan diadili dan kemungkinan aset-asetnya akan disita.

Mengingat biaya kampanye kepresidenan yang mahal dan pengawasan keuangan yang ketat, kemampuan Trump untuk membayar denda sebesar itu patut dipertanyakan. Banyak yang mempertanyakan apakah ia mampu membayar kembali jumlah denda yang fantastis ini.

Namun, yang menarik adalah kepemilikan kripto Trump, yang mungkin belum banyak diperhitungkan dalam analisis keuangan. Meskipun jumlahnya relatif kecil dibandingkan dengan utangnya, potensi kenaikan harga aset kripto ini dapat membantu Trump untuk membayar denda tersebut.

Portofolio kripto Trump, yang terdiri dari Ethereum (ETH), Wrapped Ethereum (WETH), dan MAGA Coin (TRUMP), telah ditemukan oleh Arkham Intelligence.

Token ETH dan WETH diperoleh melalui proyek non-fungible token (NFT) Trump Digital Trading Cards. Meskipun Trump tidak terlibat secara langsung dengan proyek tersebut, ia masih menerima royalti yang cukup besar dari pembuatnya.

Pada bulan Desember, Trump berhasil menjual sebagian token ETH tersebut, yang menghasilkan pendapatan sebesar USD2,4 juta.

Dengan sekitar 700 ETH yang tersisa, Trump memiliki potensi pendapatan yang signifikan di masa depan. Dengan asumsi harga ETH mencapai USD10.000 pada akhir tahun 2025, portofolio kripto Trump dapat bernilai hingga USD7 juta. Selain itu, Trump juga masih dapat terus menerima uang tunai dari proyek NFT dan royalti di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *