Mahfud MD: Sepanjang Sejarah MK Tidak Pernah Ada Dissenting Opinion

Mahfud MD

DasFacto – Mahfud MD selaku Calon Wakil Presiden nomor urut 3 memberi catatan terhadap putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa hasil Pilpres 2024.

Dalam putusan tersebut, tiga dari lima Hakim Konstitusi menyatakan dissenting opinion atau perbedaan pendapat terkait putusan yang menolak segala gugatan dari pemohon.

“Nah soal dissenting opinion, ini menarik. Sepanjang sejarah MK, kalau menyangkut pemilu. Itu tidak pernah ada dissenting opinion,” katanya di Rumah Pemenangan Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Baca Juga: Soal Putusan MK, AHY: Apapun yang Terjadi, Mari Bersatu Kembali!

Menurut Mahfud, sejak awal MK berdiri. Jadi tidak ada yang namanya dissenting opinion dalam memutus perkara sengketa pemilu karena bisa menyebabkan masalah.

“Saya mengikuti MK sejak awal. Sampai sekarang tidak ada dissenting opinion dalam pemilu. Karena kode etik hakim itu sebenarnya. Kalau menyangkut jabatan orang jangan sampai ada dissenting opinion, biar keliatan kompak dan tidak terjadi masalah,” tuturnya.

“Oleh sebab itu, Anda lihat saja Pemilu 2004, 2009, 2014 dan 2019 tidak pernah ada dissenting oponion. Semua hakim suaranya sama. Kalau ada yang enggak setuju, itu dikompakkan dulu. Tapi rupanya ini enggak bisa disatukan sehingga terpaksa dissenting opinion. Enggak apa-apa menjadi sejarah di dalam perkembangan hukum,” sambungnya memaparkan.

Baca Juga: Putusan MK, Ganjar: Kami Serahkan Semuanya ke Hakim MK

Mahfud pun mengapresiasi delapan Hakim Konstitusi yang telah memberikan putusan tersebut.

“Menurut saya, hakimnya semua baik. Delapan hakim yang memutus ini Insya Allah baik-baik,” tandas Mahfud yang pernah menjabat Ketua MK.

Sebagai informasi, dalam pengambilan putusan MK menolak gugatan dua pemohon yakni pasangan capres Anies Bawedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Terdapat pendapat berbeda dari tiga Hakim Konstitusi yaitu Saldi Isra, Enny Nurbaningsih dan Arief Hidayat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *