Serang Israel, Iran: Tidak ada Perjanjian, Ini Murni Serangan Balasan

Iran

DasFacto – Iran mengatakan pada Senin (15/4/2024) bahwa tidak ada perjanjian yang telah dibuat sebelumnya dengan negara manapun sebelum serangan balasan Iran terhadap Israel.

Seperti diketahui, Iran meluncurkan drone peledak dan menembakkan rudal ke Israel pada akhir pekan lalu dalam serangan langsung pertamanya terhadap negara tersebut.

Serangan tersebut dilaporkan melibatkan lebih dari 120 rudal balistikm 170 drone, dengan lebih dari 30 rudal jelajah.

Baca Juga: Bahan Kimia Berbahaya yang Harus Dihindari saat Program Hamil

Militer Israel mengatakan bahwa sebagaian besar proyektil dapat dicegat di luar perbatasan negaranya dengan bantuan dari Amerika Serikat, Inggris dan Prancis.

Bahkan Yordania juga menembak jatuh beberapa rusal yang dikirim ke Israel saat terbang melalui wilayah udaranya.

Serangan Iran dilakukan sebagai serangan balasan yang menurut negara itu merupakan pertahanan diri. Menyusul pemboman Israel pada 1 April terhadap kompleks kedutaan besarnya di ibu kota Suriah.

Pejabat regional, termasuk Menteri Luar Negeri, mengatakan Iran telah memberikan pemberitahuan kepada negara-negara tetangganya beberapa hari sebelum serangan yang dilakukan.

Baca Juga: Hukum Zakat Mal, Lengkap dengan Cara Hitungnya

Namun, Juru Bicara Kementerian, Nasser Kanaani, memperingatkan bahwa tidak ada kesepakatan yang dibuat sebelumnya dengan negara manapun. Mengenai bagaimana Iran akan melakukan pendekatan militer (serangan) terhadap Israel.

Serangan lebih dari 300 rudal dan drone Iran hanya menyebabkan kerusakan ringan di Israel.

Sebab sebagian besar serangan berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome Israel dan dengan bantuan dari Amerika Serikat. Inggris, Prancis dan Yordania.

Satu-satunya cedera serius yang dilaporkan Israel adalah terlukanya seorang anak berusia 7 tahun akibat pecahan peluru.

Baca Juga: Hancurkan Pertahanan, Iran Serang Israel Bertubi-tubi

Terdapat juga sedikit kerusakan properti serius yang dilaporkan. Pihak berwenang mengatakan pangkalan Angkatan Udara Israel terkena serangan tetapi masih dapat beroperasi seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *