Konflik Iran-Israel Memanas, Komisi I: Kita Harus Waspada!

Komisi I DPR

DasFacto – Komisi I DPR RI, Dave Laksono, mengingatkan konflik Iran dan Israel yang memanas, berpotensi terus membesar. Sehingga tidak ada salahnya militer Indonesia bersiap untuk segala kemungkinan buruk.

“Sebagai negara besar yang memiliki kekayaan alam yang amat luas, kita wajib mengexplore seluruh kemampuan kita dalam berdaulat di berbagai bidang. Konflik ini berpotensi terus meningkat dan berkepanjangan. Kita wajib waspada dan menyiapkan diri akan. Segala macam kemungkinan,” ucap Komisi I DPR RI, Dave Laksono melalui lansiran Akurat.co, Senin (15/4/2024).

Menurutnya, tidak ada negara di dunia yang menginginkan konflik terus terjadi, sehingga kedamaian harus terus disuarakan.

Baca Juga: Konflik Iran-Israel, Berdampakkah ke Perekonomian Indonesia?

“Tidak ada bangsa manapun yang merindukan konflik besar dan panjang. Kita wajib terus menyuarakan perdamaian oleh semua pihak. Memanfaatkan seluruh forum yang kita miliki untuk tercapai proses perdamaian tersebut,” imbuhnya.

Sebelumnya, Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengeluarkan pernyataan resmi untuk meluncurkan puluhan drone dan rudal guna menyerang wilayah Israel.

“Kami melancarkan operasi menggunakan drone dan rudal sebagai tanggapan atas kejahatan entitas Zionis yang menargetkan konsulat Iran di Suriah. Operasi tersebut dilakukan dengan puluhan rudal dan drone untuk menyerang. Sasaran tertentu di wilayah pendudukan”, kata IRGC dalam sebuah pernyataan dilansir Aljazeera, Minggu (14/4/2024).

Baca Juga: Gabung dengan AS, Eropa Desak Israel Menahan Diri Terhadap Serangan Iran

Duta Besar Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Amir Saeid Iravani, mengancam bakal serang lebih kuat Israel jika serangan drone dan rudal Iran dibalas.

“Republik Islam Iran tidak akan ragu untuk menggunakan hak membela diri jika diperlukan,” kata Iravani dalam keterangannya, dikutip CNN, Minggu (14/4/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *