Hancurkan Pertahanan, Iran Serang Israel Bertubi-tubi

Iran

DasFacto – Iran beberapa waktu lalu melakukan serangan rudal dan drone di Timur Tengah dengan menyasar Israel. Meskipun demikian, serangan itu tidak berhasil mencapai tujuannya.

Serangan ini dianggap sebagai respons atas pemboman Israel terhadap konsulat Iran di Suriah. Serangan terdiri dari sekitar 170 drone kamikaze, dimana sebagian besar adalah model Shahed 136 yang pernah digunakan oleh Rusia di Ukraina.

Menurut analis, tujuan Iran meluncurkan gelombang 120 rudal balistik untuk menghancurkan pertahanan Israel. Ini bukan sekadar serangan simbolis, melainkan upaya besar untuk melemahkan pertahanan udara Israel.

Baca Juga: Hukum Zakat Mal, Lengkap dengan Cara Hitungnya

Israel berhasil menangkis sebagian besar serangan tersebut dengan sistem pertahanan udara canggihnya, seperti Iron Dome untuk ancaman jarak pendek dan sistem Arrow-2 dan Arrow-3 untuk ancaman balistik lanjutan.

Namun, pakar menyebut serangan ini sebagai salah satu yang terbesar di Timur Tengah. Dikutip dari Thenationalnews.com, Senin (15/4/2024), serangan tersebut tampaknya tidak cukup kuat untuk memicu balasan besar dari Israel.

Meskipun Iran menyatakan operasi selesai, pertanyaan kini adalah bagaimana Israel akan merespons serangan tersebut. Ahli strategi menyebut situasi ini sebagai permainan poker berisiko tinggi di Timur Tengah.

Baca Juga: Apa Itu Vasektomi? Ketahui Keunggulan hingga Efek Sampingnya

Biarpun kegagalan serangan ini bisa membekas pada Iran, tetapi dampaknya terhadap kebijakan pencegahan mereka terhadap Israel masih belum jelas. Beberapa ahli bahkan memperingatkan bahwa ini bisa mempercepat program senjata nuklir Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *