MotoGP Portugal: Jorge Martin Juara, Marquez dan Bagnaia Tabrakan

Jorge Martin juara MotoGP Portugal

DasFacto – Jorge Martin memenangkan balapan MotoGP Portugal yang digelar hari Minggu (24/3/2024), sementara Pecco Bagnaia dan Marc Marquez mengalami tabrakan saat berusaha saling salip.

Balapan dimulai dengan Franco Morbidelli mengalami kecelakaan, sementara di bagian depan, Enea Bastianini memimpin diikuti oleh Maverick Vinales dan Jorge Martin. Marc Marquez dan Pecco Bagnaia terlibat dalam duel sengit untuk merebut posisi keempat.

Jorge Martin berhasil menyalip Bastianini dan Vinales dan memimpin balapan sejak lap kedua. Sementara itu, Alex Marquez mengalami kecelakaan.

Pada lap keempat, Jorge Martin memimpin dengan selisih 0,6 detik dari Vinales. Marc Marquez dan Bagnaia masih berjuang mengejar tiga pembalap terdepan. Namun, Raul Fernandez mengalami kecelakaan pada lap tersebut.

Hingga lap keenam, Jorge Martin, Vinales, Bastianini, Bagnaia, dan Marc Marquez memimpin balapan. Namun, selisih antara Jorge Martin dan Vinales menyempit menjadi 0,3 detik.

Baca Juga: MotoGP: Marquez Fix Gagal Move On dari Honda

Pada lap kedelapan, Pedro Acosta mencatatkan waktu tercepat dan mendahului Marc Marquez untuk naik ke posisi kelima. Acosta kemudian mengejar Bagnaia yang berada di depannya.

Di lap ke-11, Jorge Martin masih mempertahankan keunggulannya dengan selisih 0,2 detik dari Vinales. Bagnaia juga memimpin dengan selisih yang sama dari Acosta yang terus mengejarnya. Namun, Marc Marquez belum mampu menyerang Acosta.

Acosta berhasil menyalip Bagnaia di lap ke-12, tetapi kemudian kehilangan keseimbangan. Meskipun demikian, Bagnaia berhasil merebut kembali posisi keempat dengan mudah.

Pada lap ke-16, Jorge Martin masih memimpin dengan selisih 0,7 detik dari Vinales. Sementara itu, Vinales memiliki keunggulan 0,6 detik dari Bastianini.

Pada lap ke-21, Acosta berhasil menyalip Bagnaia dan merebut posisi keempat. Bagnaia kemudian berjuang dengan Marc Marquez yang mendekat.

Duel sengit antara Bagnaia, Acosta, dan Marquez membuat ketiganya tertinggal 1,8 detik dari Bastianini yang berada di posisi ketiga. Sedangkan posisi tiga pembalap terdepan tetap stabil dengan jarak yang cukup lebar.

Tabrakan antara Bagnaia dan Marquez terjadi di lap terakhir, membuat keduanya terjatuh dan keluar dari 15 besar. Vinales juga terjatuh setelah berusaha menyalip Bastianini, sehingga Acosta naik ke posisi ketiga.

Jorge Martin menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finis, diikuti oleh Bastianini dan Pedro Acosta.

Hasil MotoGP Portugal 2024:

  1. Jorge Martin 41 menit 18,138 detik
  2. Enea Bastianini +0,882 detik
  3. Pedro Acosta +5,362 detik
  4. Brad Binder +11,129 detik
  5. Jack Miller +16,437 detik
  6. Marco Bezzecchi +19,403 detik
  7. Fabio Quartararo +20,130 detik
  8. Aleix Espargaro +21,549 detik
  9. Miguel Olibeira +23,929 detik
  10. Fabio Di Giannantonio +28,195 detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *