Lagi Marak Kejahatan Digital di Bulan Ramadhan, Begini Cara Atasinya!

Bulan Ramadhan

DasFacto – Bulan Ramadan kerap menjadi incaran para pelaku kejahatan digital untuk melancarkan aksinya.

Dimana aksi kejahatan digital tersebut lazimnya dilakukan lewat beragam modus, mulai dari soceng atau social engineering hingga skimming.

Lalu bagaimana seharusnya kita bersikap agar terhindar dari kejahatan digital yang marak terjadi di bulan Ramadan tersebut? Kenali modusnya dan simak tips berikut.

Baca Juga: Rilis Lagu Baru, Kunto Aji Bawa Pesan dari Ayat Suci

Berikut 4 modus kejahatan digital yang paling sering digunakan pelaku.

1. Social Engineering

Merupakan tindakan memanipulasi psikologis korban untuk mendapatkan data dan informasi pribadi dengan tujuan membobol akun keuangan korban. Misalnya penipuan melalui telepon seolah call center bank.

2. Phising

Merupakan tindakan memancing korban untuk mendapatkan informasi atau data pribadi. Misalnya penipuan melalui situs palsu, file.APK seperti undangan, tagihan, bukti pengiriman dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Keloid Bekas Operasi Caesar

3. Card Tapping

Merupakan tindakan mengganjal lubang kartu di ATM agar kartu nasabah tersangkut dan
dapat diambil alih. Misalnya, mengganjal lubang ATM agar kartu terjebak pada mesin sehingga tidak bisa diambil oleh nasabah.

4. Skimming

Merupakan pencurian informasi keuangan pada kartu ATM dengan cara menyalin data pada strip magnetik kartu tersebut. Misalnya, penipu menempelkan alat skimmer pada slot kartu ATM, sehingga pelaku dapat menduplikasi kartu nasabah.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Pegadaian 2024

Tips Menghindari Kejahatan Digital

Agar terhindar dari kejahatan digital di bulan Ramadan, tingkatkan selalu kewaspadaan. Selain itu, ada baiknya melakukan beberapa langkah berikut.

  • Jangan pernah memberikan data atau informasi pribadi dari akun keuangan seperti PIN, OTP, CVV/CVC dan password keuangan kepada pihak manapun.
  • Gunakan password & PIN yang tidak mudah ditebak dan jangan gunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon atau kombinasinya.
  • Tidak mengklik link sembarang apalagi dari pihak yang tidak dikenal.
  • Ganti password dan PIN akun keuanganmu secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *