Korlantas Polri Mulai Persiapkan Antisipasi Kemacetan di Mudik 2024

mudik-jalur-darat-yang-penuh-risiko-eBgxnaRs2m

DasFacto – Korlantas Polri berencana menetapkan zona buffer atau area penyangga untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di sepanjang jalan tol selama masa arus mudik Lebaran tahun 2024.

“Kami akan mengalihkan kendaraan ke jalan arteri guna mengurangi kemacetan di jalan tol,” ujar Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko, Kepala Bagian Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri.

Korlantas Polri juga telah menyiapkan strategi untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang mungkin mengganggu kelancaran perjalanan di lintasan antar-pulau.

Dia juga menegaskan kesiapan pihaknya dalam mengantisipasi genangan air pada musim hujan, terutama di wilayah Jawa Tengah.

“Polri telah menyiapkan pompa air dengan kapasitas besar untuk segera mengatasi genangan air di jalan tol. Di Jawa Tengah, kami juga akan mencari jalur alternatif dan mengawal pencarian jalur tersebut. Sehingga aktivitas masyarakat tetap dapat berjalan seperti biasa,” tambahnya.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas Persiapan Mudik

Selain itu, sebagai mantan Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya, dia mengimbau kepada masyarakat yang berencana melakukan mudik untuk memeriksa kondisi kendaraan dan kesehatan mereka sebelum memulai perjalanan. Hal ini dilakukan demi keselamatan dan kelancaran perjalanan sampai ke tujuan.

“Kami mengingatkan kepada masyarakat yang berencana melakukan mudik pada Lebaran tahun 2024. Untuk memeriksa kondisi kendaraan dan kesehatan mereka terlebih dahulu agar dapat sampai ke tujuan dengan selamat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *