Masuk Bulan Ramadhan, Belahan Bumi Mana yang Durasi Puasanya Lebih Cepat?

Ramadhan ilustrasi maghrib

DasFacto – Bulan Ramadan telah tiba, merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Bagi yang mampu, wajib hukumnya berpuasa selama bulan Ramadan.

Ibadah puasa dilaksanakan dari adzan Subuh hingga adzan Magrib. Sebelumnya, umat Islam melakukan sahur, kemudian berbuka puasa saat adzan Magrib.

Durasi puasa berbeda-beda di setiap negara. Beberapa negara mengalami puasa yang sangat panjang, hingga lebih dari 17 jam sehari, seperti di Greenland dan Islandia.

Baca Juga: Aturan Buka Puasa di TransJakarta, MRT, dan KRL selama Ramadan 2024

Di sisi lain, ada juga negara-negara dengan durasi puasa yang lebih singkat, kurang dari 13 jam sehari.

Berikut adalah tiga kota di dunia dengan durasi puasa terpendek, berdasarkan data dari Gulf News:

Puerto Montt, Chili: 12 jam 44 menit.

Puerto Montt berada di belahan bumi selatan, yang sedang mengalami musim gugur saat Ramadhan. Ini menjadi faktor penyebab waktu puasa menjadi lebih singkat dan termasuk yang terpendek di dunia.

Christchurch, Selandia Baru: 12 jam 46 menit.

Kota di Pulau Selatan, Selandia Baru ini terkenal dengan taman-taman, sungai, dan gereja-gerejanya. Christchurch juga berada di belahan bumi selatan, yang juga sedang mengalami musim gugur saat Ramadhan

Nairobi, Kenya: 13 jam 15 menit.

Ibukota Kenya, negara di Afrika Timur. Kota ini merupakan pusat bisnis, budaya, dan politik di kawasan tersebut. Nairobi berada di kawasan tropis, yang memiliki perbedaan waktu siang dan malam yang tidak terlalu besar sepanjang tahun di mana memberikan pengaruh pada lamanya waktu berpuasa.

Indonesia juga termasuk negara dengan durasi puasa terpendek, sekitar 13 jam. Hal ini disebabkan oleh letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa.

Meskipun durasi puasa bervariasi di setiap negara, semangat dan ketaatan dalam menjalankannya tetap sama.

Semoga umat Islam yang menjalani puasa Ramadan diberkahi dalam ibadahnya. Selamat berpuasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *