CFD Jakarta Tetap Ada Selama Bulan Ramadhan

CFD Jakarta

DasFacto – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) akan tetap berlangsung setiap Hari Minggu di sejumlah ruas jalan selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Namun, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan bahwa pelaksanaan HBKB selama bulan Ramadhan akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk berolahraga tanpa adanya acara tertentu.

“Pada bulan Ramadhan, HBKB akan tetap diadakan, namun tanpa partisipan atau penyelenggaraan acara seperti panggung, musik, pawai, tenda-tenda, dan sejenisnya,” ujar Syafrin.

Baca Juga: Kenapa Sepatu Olahraga Punya Banyak Lubang?

Saat hari-hari biasa, HBKB adalah ruang publik untuk berbagai kegiatan seperti olahraga, kegiatan lingkungan, dan seni budaya sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016.

Arifin, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, menyatakan bahwa penggunaan ruang tersebut mengacu pada regulasi yang berlaku.

“Bagi mereka yang ingin menyelenggarakan acara selama HBKB, perlu mengajukan pemberitahuan dan pendaftaran kepada Kelompok Kerja Penyelenggara HBKB di bawah naungan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 509 Tahun 2016,” jelasnya.

Diketahui awal bulan puasa, atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah, ditetapkan oleh Kementerian Agama pada Selasa (12/3) setelah sidang isbat di gedung Kemenag RI, Jakarta, pada Minggu (10/3).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *