KPU: Lonjakan Suara PSI Berpatok pada Hasil Formulir C di Sirekap

Idham Holik

DasFacto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) buka suara terkait melonjaknya suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Pileg 2024 dalam waktu yang relatif singkat.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Idham Kholik, menegaskan pihaknya selalu berpatokan pada hasil formulir C di Sirekap. Adapun, data perolehan suara tiap partai politik (parpol) bisa diverifikasi langsung oleh setiap pengakses Sirekap.

“Data perolehan suara yang terdapat dalam foto dokumen formulir Model C Hasil Plano adalah sumber atau rujukan utamanya. Masyarakat atau pengakses Sirekap dapat memverifikasi data numerik yang ditampilkan oleh Sirekap,” kata Idham melalui lansiran Akurat.co, Senin (4/3/2024).

Baca Juga: Fakta Menarik Film Horror ‘Exhuma’ yang Tayang di Bioskop

Data dalam formulir Model C adalah data perolehan suara yang ditulis langsung oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta disaksikan langsung oleh saksi peserta pemilu, pengawas TPS dan dipantau langsung oleh pemantau terdaftar.

Sampai saat ini, KPU sendiri belum melaksanakan rekapitulasi nasional untuk suara dalam negeri. KPU baru melakukan rekapitulasi nasional untuk suara di luar negeri.

“(Nantinya) hasil resmi perolehan suara peserta pemilu berdasarkan rekapitulasi berjenjang dimulai dari PPK. KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi sampai dengan KPU RI,” tambahnya.

Baca Juga: Fakta Keluarga Mukesh Ambani, Pernikahan Anant Ambani Viral

Dia meminta untuk menunjukkan ke pihaknya. Jika memang terdapat data yang berbeda terkait suara PSI pada salah satu wilayah dengan formulir C. Seperti narasi yang banyak beredar di media sosial.

Diketahui, berdasarkan hasil real count KPU per hari ini pukul 09.00 WIB, perolehan suara PSI menyentuh 2.404.212 atau 3,13 persen.

Dari 65,84 persen suara yang masuk ke KPU. PSI makin mendekati ambang batas parlemen atau parliamentary threshold empat persen, sebagai syarat untuk memperoleh kursi di Senayan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *