Haruskah Mandi Wajib untuk Menyambut Ramadhan?

Niat Mandi Besar

DasFacto – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Seluruh umat muslim gembira untuk menyambut datangnya Ramadhan.

Karena pada bulan ramadhan ini Allah SWT melimpahkan rahmat serta keberkahan bagi umat-Nya.

Untuk menyambut Ramadhan, biasanya umat muslim melaksanakan mandi wajib terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena dianggap sebagai salah satu syarat atau rukun puasa.

Baca Juga: Rekomendasi Wajan Listrik untuk Memasak, Bersifat Serbaguna

Jadi haruskah kita melakukan mandi wajib untuk menyambut Ramadhan? begini penjelasannya!

Dilansir dari NU Online, dijelaskan jika mandi wajib bukan sebuah keharusan menjelang bulan Ramadhan. Karena mandi wajib hanya dianjurkan bagi orang berhadast besar yang ingin melakukan ibadah yang memang disyaratkan demikian seperti shalat lima waktu dan tawaf, sedangkan puasa tidak termasuk.

Dalam kitab al-Mausu’atul Fiqhiyyah (16/55) dijelaskan:

‎ يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل. فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ

Artinya, “Orang yang memiliki hadats junub (hadats besar), sah melaksanakan puasa meski ia belum sempat mandi besar sampai pagi puasa. Siti ‘Aisyah dan Ummu Salamah pernah berkata, ‘Kami melihat Nabi Muhammad saw pagi-pagi masih memilki hadats junub yang bukan karena mimpi basah, lalu beliau mandi besar dan tetap melaksanakan puasa.”

Baca Juga: Cara Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Ketika bulan puasa memang terdapat anjuran mandi. Tetapi bukan mandi wajib yang dianjurkan, melainkan mandi sunnah yang pada setiap malam bulan puasa. Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) dijelaskan:

‎و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة…ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika mandi wajib untuk menyambut bulan Ramadhan tidak diwajibkan. Karena hal tersebut buka termasuk dalam syarat atau rukun puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *