TKN Hormati Hak Angket Tapi Jangan Melenceng

Komisi Pemilihan Umum

DasFacto – Hak angket menjadi salah satu alat demi menyelidiki indikasi kecurangan Pemilu 2024 terus mengemuka.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, mengatakan, TKN menghormati wacana hak angket. Hanya saja harus dibawa sesuai dengan tempat dan tujuannya.

“Jangan sampai keluar jalur dari alasan hak angket pada awalnya ada,” ujarnya saat dihubungi Akurat.co, Minggu (25/2/2024).

Saraswati meminta DPR sebagai lembaga yang berwenang dan bertanggung jawab atas angket tersebut untuk tidak membawa hal itu keluar jalur.

“Kita menghormati siapapun yang ingin mengajukannya di DPR. Ini bukan kali pertamanya dalam sejarah demokrasi dan pemilu di Indonesia hak tersebut digaungkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Saraswati, proses ini adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam negara yang berdemokrasi seperti di Indonesia.

Diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyatakan akan mendukung prosesnya, terkait dugaan pelanggaran pemilu. Namun, mereka masih menunggu keseriusan dari PDIP.

Adapun, saat ini, wacana pengguliran hak tersebut belum konkret karena baru diusulkan oleh capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *