Pengamat: Ada Kemungkinan Hak Angket Diblok oleh Pemerintah

Ganjar Pranowo

DasFacto – Ganjar Pranowo selaku Calon presiden nomor urut 3 gencar mengajukan hak angket ke DPR RI untuk mengungkap dugaan pelanggaran dan kecurangan dalam Pemilu 2024.

Pengamat politik, Ujang Komarudin, menilai ada kemungkinan hak angket tersebut diblok oleh pemerintah.

“Kelihatannya akan diblok atau digagalkan oleh kubu pemerintah. Dalam konteks di parlemen kan pertarungan politik. Ada yang mengajukan, ada yang menolak atau melawan,” kata Ujang melansir Akurat.co, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga: Jokowi: Harga Beras Naik karena Ada Perubahan Musim

Menurutnya, pertarungan politik di parlemen ini bisa diikuti oleh kubu yang mendukung pemerintah di DPR RI. “Ya, kita lihat saja, apakah bisa maju, terealisasi, terganjal, terjungkal, atau layu sebelum berkembang,” tambahnya.

Dia menjelaskan, pengajuan hak angket tergantung dengan jumlah partai yang mendukung. Sebab, tidak semua partai mendukung adanya hak angket.

“Kan belum tentu juga (mereka dukung hak angket). Oleh karena itu, kita lihat saja dinamikanya kedepan. Saat ini kan masih isu, belum ada tandatangan juga dari yang mengusulkan di DPR,” tutupnya.

Baca Juga: Mahfud MD Sadar Sudah Kalah dan Mau Cari Aman, Benarkah?

Sebelumnya, Ganjar selaku pengusul mengungkapkan hak angket adalah hak penyelidikan yang dimiliki oleh DPR. Hak ini menjadi salah satu upaya untuk meminta pertanggungjawaban KPU dan Bawaslu, terkait penyelenggaraan Pilpres 2024.

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis, Senin (19/2/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *