AHY Masuk Kabinet Jokowi, Pukulan Telak Untuk PDIP?

Agus Harimurti Yudhoyono

DasFacto – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Umum Partai Demokrat resmi dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang oleh Presiden Joko Widodo.

Diketahui, selain AHY, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai dilantiknya AHY dan Hadi menjadi pukulan telak bagi PDIP.

Baca Juga:

“Kalau kita bicara soal dilantiknya Hadi Tjahjanto dan AHY, bahwa ini pukulan berat bagi PDIP. Ini tentu menjadi pukulan telak bagi Megawati dari Jokowi,” ujar Ujang melalui lansiran Akurat.co Rabu (21/2/2024).

Ujang juga menilai, Jokowi memang ingin memuluskan akhir masa jabatannya dengan memastikan kabinetnya aman.

“Kelihatannya Jokowi ingin memastikan kabinetnya aman, pemerintahannya aman, ingin soft landing hingga Oktober 2024. Ya ketika banyak isu menteri-menteri PDIP ingin mundur ini kan membuat Jokowi juga khawatir, tidak tenang,” tutur Ujang.

Baca Juga: Napoli dan Barcelona sedang tidak Bagus, Xavi Hernandez: Biar Lapangan yang Bicara

“D isitulah memasukan Demokrat pada koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin menjadi keniscayaan, menjadi sebuah keharusan agar ada backup politik dari partai oposisi yang bergabung ke pemerintahan, yaitu Partai Demokrat,” sambung dia.

Ada Skema dalam Pengangkatan Agus Harimurti Yudhoyono?

Sehingga menurutnya, Jokowi memang memiliki skema tersendiri agar tidak bergantung dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di akhir masa jabatannya.

“Nah dalam konteks itu kelihatannya Jokowi punya skema sendiri yang tidak mau bergantung kepada Megawati dan PDIP,” ucapnya.

Baca Juga: Bingung Ngadu Kecurangan Pemilu ke Mana, Politisi PDIP: Mau Tidak Mau Hak Angket

“Sehingga ketika pendulung PDIP nya itu sedikit bergeser menyerang dan mengkritisi Jokowi. Maka agar ada backup kekuatan politik tambahan di kabinet maupun parlemen, ya mengambil Demokrat agar bergabung,” tandas Ujang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik secara resmi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

Pelantikan tersebut Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34P Tahun 2024. Tengang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode sisa masa jabatan 2019-2024. Dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *