Erick Thohir: Untuk Punya Timnas yang Bagus Biayanya Rp250 Miliar sampai Rp500 Miliar

Erick Thohir

DasFacto – Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI menyampaikan bahwa pendanaan Tim Nasional Indonesia masih jauh lebih sedikit ketimbang negara-negara di Asia.

Erick Thohir menyebut Timnas Indonesia setidaknya butuh minimal Rp250 miliar.

“Kita mau punya tim nasional yang bagus ya angkanya 250 miliar sampai 500 miliar,” kata Erick Thohir di Jakarta, Minggu (18/2), sebagaimana dipetik dari Antara.

Baca Juga: Bisakah Memulihkan Kerusakan Otak Pasca Serangan Jantung? Yuk Simak

“Itu kalau kita bandingkan dengan Jepang, Jepang itu kurang lebih angkanya US$170 juta (atau) 3,4 triliun (rupiah). Jauh kita. Negara-negara tetangga kita seperti Vietnam, Thailand, itu sudah di angka satu (triliun).

“Jadi ya seperti itu realita. Ada uang, ada kesejahteraan, ada prestasi.”

Komitmen Pendanaan PSSI

Menurut Erick Thohir, Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo sudah menyatakan komitmennya untuk membantu pendanaan PSSI. Namun demikian, pria berusia 53 tahun yang juga Menteri BUMN itu juga ingin PSSI bisa mencari dana sendiri.

“Nah, kemarin Pak Jokowi bicara dengan saya, Pemerintah perlu bantu apa? Ya saya bilang pendanaan, Pak, kata Erick.

“Nah, tetapi saya juga tidak mau PSSI cengeng. Saya meyakinkan bahwa misalnya Pemerintah memberikan sekian x, misalnya 100 atau 500, ya kita juga dari PSSI berusaha mendapatkan dana yang sama.”

Baca Juga: Vitamin D Apa Saja? Simak Makanan dan Cara Mendapatkannya untuk Kesehatan Tubuh

Tentang usaha PSSI mencari pendanaan mandiri, Erick Thohir baru saja melakukan kerjasama dengan produsen sepeda motor listrik Gesits. Kerjasama ini dilakukan melalui cabang bisnis PSSI yang diwakili PT Garuda Sepakbola Indonesia (GSI).

“Pertamakalinya dalam sejarah PSSI selama 94 tahun, kita mempunyai partner, kawin, dengan vehicle, otomotif. Karena sebelumnya belum pernah,” kata Direktur PT GSI, Marsal Irwan Masita.

Adapun Erick Thohir sudah genap setahun memimpin PSSI sejak terpilih melalui Kongres Luar Biasa pada Februari tahun lalu. Dalam setahun kepemimpinannya, Erick bisa menggelar Piala Dunia U-17 yang dihelat pada November-Desember silam.

Baca Juga: GERD dan Anxiety, Adakah Hubungannya?

Selain itu, prestasi Timnas Indonesia selama kepemimpinan Erick cukup positif. Di antaranya Timnas Indonesia U-23 yang menjadi juara SEA Games Kamboja serta Timnas Senior yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *