Soal Hasil Quick Count Pemilu 2024, PDIP: Berlebihan Ini!

Hasto Kristiyanto

DasFacto – Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal PDIP menyoroti hasil quick count atau hitung cepat yang menyatakan paslon nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Pilpres 2024.

Hasto Kristiyanto melihat adanya fenomena overshooting dalam Pemilu 2024, sehingga paslon Prabowo-Gibran mendapat terlalu banyak suara.

“Kami melihat nampak adanya fenomena overshooting. Jadi kalau berburu itu nembaknya berlebihan. Ini pernah terjadi di Timor Timur pada Pemilu 1997,” kata Hasto dalam konferensi pers di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Overshooting merupakan istilah yang banyak dalam perekonomian yang merujuk pada sesuatu yang melampaui batas normalnya.

Hasto kemudian teringat pada Pemilu 1997, di mana suara Golkar di Timor Timur mencapai 84,70 persen. Berbeda jauh dengan suara 2 partai rivalnya, yakni PDI yang memperoleh 13,49 persen, dan PPP yang hanya meraup 1,82 persen.

“Ketika suatu operasi masif dilakukan, maka sampai rezim penguasa saat itu kaget karena partai penguasa saat itu sampai mendapatkan hampir 100 persen,” ujar Hasto.

Fenomena overshooting yang dimaksud terlihat jelas karena adanya perbedaan signifikan antara hasil penghitungan suara di dalam negeri dengan exit pool di luar negeri.

Menurutnya, para pemilih di luar negeri tak terpengaruh isu-isu dan upaya mendorong pencoblosan terhadap paslon tertentu lewat bansos. Sehingga nama Prabowo-Gibran gagal meraup suara mayoritas dari mereka.

“Exit poll di luar negeri itu mencerminkan tidak adanya operasi bansos. Tidak adanya operasi intimidasi, tidak adanya operasi keterlibatan dari institusi-institusi negara. Sehingga warga Indonesia bisa menyampaikan pilihannya secara jernih,” ujar Hasto.

Menyikapi masalah ini, DPP PDIP merekomendasikan kepada Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud untuk membentuk tim khusus. Dimana tim khusus ini akan berfokus mengumpulkan berbagai kecurangan di Pilpres 2024.

“Untuk itu kami akan mengusulkan kepada Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud agar dibentuk suatu tim khusus,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *