Presiden Jokowi: Saya Tidak Akan Berkampanye!

Presiden Jokowi

DasFacto – Presiden Jokowi menegaskan bahwa ia tidak akan terlibat dalam kampanye untuk mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada sisa masa kampanye Pemilu 2024.

Dimana hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menghadiri acara di Gerbang Tol Limapuluh, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

“Yang bilang siapa ? Jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye, saya jawab tidak, saya tidak akan berkampanye,” tegasnya di Gerbang Tol Limapuluh, Kabupaten Batubara. Provinsi Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Klaim Temukan Ribuan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Lebih lanjut dirinya menjelaskan mengenai kewenangan Presiden untuk berkampanye hanyalah sebuah penjelasan terhadap ketentuan undang-undang.

“Ini saya ingin tegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya bahwa Presiden memang diperbolehkan untuk berkampanye dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, sebelumnya Jokowi menyatakan bahwa seorang Presiden. Memiliki kewenangan untuk melakukan kampanye dan dapat memihak kepada pasangan calon tertentu selama proses pemilu berlangsung.

Baca Juga: Waduh! Ekonom Sebut Bansos Jokowi Gagal Tekan Kemiskinan

Meskipun mengakui bahwa presiden merupakan pejabat politik, Jokowi menegaskan bahwa dalam berkampanye, Presiden tidak boleh memanfaatkan fasilitas negara.

Ia menyatakan bahwa sebagai pejabat publik dan politik, hal tersebut diizinkan, dan hal yang sama berlaku juga untuk Menteri.

“Kita ini kan pejabat publik sekaligus pejabat politik. Masak gini nggak boleh, berpolitik nggak boleh, Boleh. Menteri juga boleh,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *