Kian Menguat, Isu Koalisi Anies-Ganjar Tetap Terjadi

Isu Koalisi

DasFacto – Kontestasi Pilpres 2024 diterpa isu akan bergabungnya paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dengan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menanggapi isu koalisi dalam kontestasi pilpres tersebut. Pengamat politik Probo Darono Yakti mengatakan bahwa hal tersebut sangat dimungkinkan terjadi.

“Sangat dimungkinkan. Karena dalam pengalaman debat capres-cawapres dan gestur yang ditunjukkan dalam konstelasi politik menunjukkan keduanya kompatibel,” ujarnya melalui lansiran Akurat.co, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Moment Debat Final, Prabowo: Kami yang Sponsori UU Disabilitas di DPR

Lebih lanjut Probo menjelaskan, jika hal itu benar terjadi, kemungkinan besar koalisi akan mengimbangi paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dari segi elektoral.

“Jika paslon nol satu ditambah paslon nol tiga solid mencari titik-titik kelemahan dari paslon nol dua,” katanya.

Menurut Probo, sebenarnya ketiga paslon memiliki kekuatan yang sepadan, meskipun survei lebih condong kepada Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Anies Siap Angkat 700 Ribu Guru Honorer Jika Jadi Presiden

“Namun, pasangan dua yang lain agak cukup terbantu dengan gerakan moral di kampus. Sebagaimana yang dilakukan oleh para sivitas akademika lintas universitas,” ujarnya.

Kesadaran moral inilah yang akan membangkitkan kesadaran masyarakat akan nilai moral untuk kembali kepada hal-hal bersifat konstitusional. Tidak sebaliknya, manipulasi demi kepentingan kelompok tertentu.

Terkait peluang Prabowo-Gibran untuk satu putaran, tergantung pada seberapa banyak usaha untuk menargetkan suara-suara di daerah yang belum maksimal.

Baca Juga: Moment Debat Final: Prabowo Siap Bangun 3 Juta Rumah

“Termasuk mendistribusikan melalui kampanye menggunakan bantuan sosial atau semacamnya,” tutup Probo.

Diketahui pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 akan digelar 14-15 Februari. Yang kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil perhitungan suara pada 15 Februari sampai 20 Maret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *