Mahfud MD Hengkang dari Kabinet, Yusril Ihza Layak Jadi MenkoPolHuKam?

Yusril Ihza

DasFacto – Mahfud MD dikabarkan akan segera lepas jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Selang beberapa waktu isu Mahfud MD hengkang dari kabinet. Nama Yusril Ihza Mahendra pun dinilai sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan posisi Menkopolhukam.

Dimana pengalaman serta jam terbang Yusril tidak perlu diragukan lagi karena pernah menempati jabatan tersebut.

Baca Juga: Indonesia Gugur dari Piala Asia 2023, Takluk 0-4 dari Australia

“Yusril sudah sarat pengalaman menjadi menteri. Jadi tidak sulit baginya untuk cepat menyesuaikan,” kata Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farhan melalui lansiran Akurat.co, Senin (29/1/2024).

Menurut Yusak, keunggulan lain yang dimiliki Yusril adalah karena Yusril berada di timses Prabowo-Gibran. Positioning politik Yusril di pilpres cenderung memudahkan bagi Jokowi untuk mengoptimalkan kerja-kerja pemerintahan.

“Presiden dan para pembantunya harus punya kesamaan visi dan hubungan harmonis. Jika relasi antara Presiden dan menterinya buruk, bagaimana mau pemerintahan efektif?” terangnya.

Baca Juga: Viral! Wawancara PDIP Siapkan Jokowi Kampanye untuk Ganjar, Kok Sekarang Kritik Soal Etika?

Dia menuturkan, pengangkatan Menteri ini bukan hanya soal kompetensi dan kapasitas saja, tapi juga bagaimana bisa satu visi dan punya relasi baik untuk mengoptimalkan kerja-kerja pemerintahan.

“Jokowi perlu menteri yang bisa cepat bekerja dan prof Yusril memenuhi persyaratan itu,” ujar Yusak.

Sebelumnya, Menko Polhukam, Mahfud MD, belum mundur dari kabinet pada Jumat (26/1/2024). Mensesneg, Pratikno, memastikan belum ada surat pengunduran diri dari cawapres nomor urut 3 tersebut.

Baca Juga: Apa Itu The Nuruls? Istilah yang Lagi Viral di TikTok

Mahfud sebelumnya mengaku berniat mundur, namun menunggu momentum untuk pamit baik-baik. Pratikno menegaskan, hingga akhir pekan ini, Mahfud masih menjadi anggota kabinet.

“Sampai saat ini kami belum menerima surat pengunduran diri Prof. Mahfud MD sebagai Menkopolhukam,” kata Pratikno pada Jumat (26/1/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *