Ganjar Pranowo Menerima Jokowi Berkampanye, Tapi…

Ganjar Pranowo

DasFacto – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, memberikan izin kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan kampanye. Meskipun memberi izin, Ganjar tetap memberikan peringatan mengenai risiko besar yang mungkin timbul.

Ganjar menyatakan bahwa meskipun Jokowi diberi izin, kampanye dan keberpihakan dari seorang presiden dapat berdampak negatif pada demokratisasi.

Menurutnya, situasi ini akan berbeda ketika Jokowi berinteraksi dengan kepala daerah dan menunjukkan sikap netral.

“Kondisi ini akan membawa risiko besar pada demokratisasi dan demokrasi yang sedang berjalan,” ujar Ganjar, di Manggarai, NTT, pada Jumat (26/1/2024).

Baca Juga: Cak Imin Balas Luhut: Saya Ajak ke Daerah Tambang

Ganjar yakin bahwa langkah Jokowi, yang sebelumnya menyatakan haknya untuk berpihak dan melakukan kampanye, akan memiliki dampak negatif, termasuk potensi pelanggaran terkait penggunaan fasilitas negara yang dilarang oleh undang-undang.

“Semua akan membandingkan ketika kami memberi informasi kepada gubernur dan kepala daerah bahwa semuanya harus bersikap netral,” tambahnya.

Meskipun demikian, Ganjar menyatakan bahwa keputusan sepenuhnya berada di tangan Jokowi untuk melaksanakan sikapnya. “Silakan saja karena beliau sudah menyampaikan itu,” kata Ganjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *