Soal APK Partai Asal-Asalan, Bawaslu Ingatkan Parpol untuk Tetap Tertib

Pemasangan Alat Peraga Kampanye

DasFacto – Pemasangan alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu 2024 ramai menjadi sorotan publik. Maraknya baliho roboh di beberapa tempat, selain mengganggu ketertiban juga sudah banyak memakan korban terutama pengguna jalan.

Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, mengaku prihatin dengan banyaknya insiden pemasangan alat peraga kampanye yang dipasang secara asal-asalan di beberapa wilayah.

Teranyar baliho milik caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) jatuh ke jalan dan menimpa pengendara sepeda motor di Cakung, Jakarta Timur.

“Ini sudah diingatkan oleh kami, suratnya sudah sampai kepada partai politik,” kata Bagja kepada wartawan di Gedung Bawaslu, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Ketua Bawaslu dua periode itu menegaskan bahwa APK yang berpotensi membahayakan masyarakat sudah dilakukan penertiban oleh petugas Satpol PP di semua wilayah.

Lebih lanjut, Bagja meminta partai politik peserta pemilu untuk menaati rambu-rambu pemasangan APK sesuai peraturan yang sudah ditetapkan KPU.

“Sudah sama Satpol PP dilakukan penindakan dan juga sudah diingatkan oleh kami. Masing-masing Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota melakukan pendekatan kepada Satpol PP untuk melakukan penindakan dan penertiban alat peraga yang bermasalah,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *