Pemilih Pemula Sayangkan Performa Gibran

DasFacto – Pemilih pemula menyayangkan performa cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming, pada debat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024) malam.

Empat mahasiswa, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, menganggap Gibran mengecewakan karena banyak memberi sikap atau gestur tak pantas, ketika berdebat dengan dua kompetitornya.

Mahasiswa jurnalistik UIN, Azahra Kaulika menilai, Gibran tidak memberi contoh yang baik ketika debat, dengan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar maupun cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

Dirinya malah meragukan, Gibran telah memberi kerja konkret pada bidang tema debat yang dibahas.

“Saya belum teryakini untuk memilih. Cawapres nomor urut 2, Gibran, menurut saya tidak pantas,” kata Kaulika melalui lansiran Akurat.co, Senin (22/1/2024).

Senada dengannya, Diana Aslamiyyah menganggap Gibran tidak menunjukkan adab yang baik. Dirinya tidak terpuaskan dari pertanyaan yang dilontarkan maupun jawaban yang disampaikan Gibran, pada segmen keempat cebat cawapres.

“Agak kurang adab. Dikasih jawaban terus dia meresponsnya tidak sopan,” kata Diana, warga Kramat Jati, Jaktim.

Setali tiga uang, Raniah Tamarisha juga mengungkapkan hal yang sama. Dia mengaku tidak menyaksikan debat, hanya menonton potongan cuplikan melalui medsos, dan tak menyangka debat bakal diwarnai aksi tak beretika.

Raniah, yang berasal dari Ciputat, menyayangkan aksi Gibran tak pantas hingga menjadi meme dan guyon di medsos. “Malah jadi bahan guyonan,” ujarnya.

Himayatul Azizah juga mengungkapkan hal yang sama. Namun dirinya mengapresiasi upaya Gibran pada debat semalam, yang menunjukkan ingin menarik suara gen-z. “Blunder terus tetapi masuh berusaha menarik suara gen-z.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *