Soal Konflik Pemerintah vs Masyarakat Adat, Ini Kata Cak Imin

Cak Imin

DasFacto – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin selaku Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 menegaskan bahwa pemerintah perlu melibatkan masyarakat adat dalam segala keputusan terkait Program Strategis Nasional (PSN).

Dimana pernyataan tersebut disampaikan Muhaimin Iskandar saat debat cawapres putaran kedua yang berlangsung di JCC, Senayan, pada Minggu malam (21/1/2024).

Menurut Cak Imin konflik antara pemerintah dan masyarakat adat dalam pelaksanaan PSN sering terjadi karena kurangnya pendekatan yang tepat.

Baca Juga: TKN Mengaku Tak Khawatir jika Gibran Diserang Cak Imin dan Mahfud Md di Debat Cawapres

“Salah satu upaya kita agar tidak terjadi konflik antara proyek pembangunan nasional, terutama PSN dengan masyarakat adat, kita harus betul-betul punya prinsip tidak ada satupun yang ditinggalkan dalam mengambil keputusan. Libatkan itu masyarakat adat,” tegas Cak Imin.

Oleh karena itu dirinya menekankan perlunya prinsip bahwa dalam pengambilan keputusan terkait proyek pembangunan nasional, khususnya PSN tidak boleh ada kelompok yang dikesampingkan.

Oleh karena itu, melibatkan masyarakat adat dianggap sebagai langkah penting.

Baca Juga: Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Asin

Lebih lanjut Imin menjelaskan bahwa melibatkan masyarakat adat dalam setiap tahap pengambilan keputusan sejalan dengan menghormati keberadaan mereka.

Dia menekankan pentingnya pemerintah mendengar dan memperhatikan keinginan masyarakat adat dalam proses pembangunan.

Menurutnya, penghormatan terhadap masyarakat adat bukan hanya terwujud dalam pemakaian pakaian adat saat perayaan khusus seperti 17 Agustus saja.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dilaporkan PDIP Jawa Barat ke Bawaslu, Ada Apa?

“Menghormati masyarakat adat bukan memakai pakaian adat setahun sekali pas 17 Agustus, bukan. Menghormati masyarakat adalah memberikan ruang. Hak ulayat mereka, hak budaya mereka, hak spiritual mereka, hak dan kewenangan mereka menentukan cara membangun,” ucapnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *