Midjourney? Begini Cara Menggunakannya

DasFacto – Apakah kamu mengetahui apa itu Midjourney? Midjourney mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Secara singkat, Midjourney adalah hasil dari perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat membuat sebuah karya visual atau desain hanya melalui pesan teks.

Bisa dibilang, Midjourney menjadi sebuah gebrakan baru di dunia industri digital, sebab mampu mengeksplorasi media pemikiran dan memperluas kekuatan imajinatif spesies manusia. Di mana AI tersebut dapat memvisualisasikan gambar imajinasimu hanya dalam hitungan detik.

Kehadiran Midjourney memang bisa memudahkan manusia, tetapi bagaimana jika AI tersebut malah menggantikan peran manusia? Sebab, kamu tidak memerlukan pendidikan atau keterampilan tertentu untuk memiliki visual digital yang keren bahkan menakjubkan.

Nah, bagi Mama yang merasa penasaran terkait “apa itu Midjourney?”

Disimak penjelasannya yuk,

Apa Itu Midjourney?

Apa Itu Midjourney

Pexels/TaraWinstead

Mengutip Digital Trends, Midjourney adalah salah satuAI Generatifyang dapat membuat gambar atau desain tertentu, yang idenya berasal dari pesan komunikasi yang disampaikan melalui chat. Uniknya, AI hanya satu dari beberapa generator gambar teknologi yang sedang santer digunakan belakangan ini. 

Sebelumnya terdapat nama besar lainnya di bidang AI, seperti DALL-E dan Stable Diffusion. Semua teknologi tersebut dapat membuat gambar berkualitas tinggi hanya dari perintah yang berbasis pesan teks. 

Diketahui tidak membutuhkan perangkat keras atau perangkat lunak tertentu untuk menggunakannya. Mama hanya perlu menggunakan aplikasi berbayar, lalu request ingin dibuatkan gambar atau desain apa melalui pesan discord. 

Cara Menggunakan Midjourney

Cara Menggunakan Midjourney

Pexels/AlberianBarros

Bagi Mama yang penasaran dan membutuhkan bantuan Midjourney, atau hanya ingin sekadar mencobanya. Berikut langkah-langkah cara menggunakan Midjourney, antara lain:  

  1. Buka link https://www.midjourney.com/home?callbackUrl=%2Fexplore
  2. Daftar ke Midjourney, dan terima undangan ke saluran Midjourney Discord
  3. Klik menu bergambar kapal di sisi kiri layar kemudian klik “Newbies Room”
  4. Sebelum memulai, perhatikan bahwa kamu hanya memiliki sejumlah opsi cepat tertentu yang tersedia sebagai bagian dari uji coba gratis tersebut
  5. Kamu juga dapat membuat sekitar 25 gambar gratis. Namun setelah itu, harus membeli keanggotaan penuh untuk mengaksesnya lagi
  6. Jika memilih untuk tidak mengeluarkan uang, ada baiknya kamu meluangkan waktu dan memikirkan apa yang ingin dibuat di Midjourney. Jika mau, kamu juga dapat mengetik “help” untuk mendapatkan daftar tips untuk dibaca

Berapa Biaya Berlangganan Midjourney?

Berapa Biaya Berlangganan Midjourney

Unsplash/Swello

Bagi kamu yang pertama kali mencoba Midjourney akan dapat percobaan gratis. Namun, percobaan gratis tersebut dulunya dapat dicoba hingga 25 kali, tetapi sekarang, kamu hanya bisa melakukan percobaan gratis sebanyak empat kali

Jika versi percobaan gratis tersebut sudah habis, maka kamu perlu berlangganan versi paket berbayar untuk dapat lanjut menggunakannya. Paket berbayar itu dapat digunakan secara bulanan maupun tahunan. 

Perlu diketahui bahwa biaya berlangganan Midjourney yaitu seharga 10US$ per bulan atau sekitar Rp157.000 untuk bisa mengaksesnya tanpa batas. Tapi itu semua tergantung kualitas gambarnya ya, Ma. Semakin bagus kualitas gambar, maka harganya akan semakin mahal. 

Apakah Midjourney Dapat Menggantikan Peran Manusia Profesional?

Apakah Midjourney Dapat Menggantikan Peran Manusia Profesional

Pexels/fauxels

Selain biaya, satu pertanyaan yang banyak mengkhawatirkan manusia, yakni terkait “apakah Midjourney dapat menggantikan peran manusia profesional?” 

Teknologi Midjourney memang memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar maupun desain dalam waktu yang singkat, di mana tidak banyak orang bisa melakukannya. Apalagi teknologi Midjourney pun pastinya akan berkembang hingga menghasilkan karya yang semakin baik pula. 

Tapi perlu diingat, ketika ingin mendapatkan hasil karya atau desain yang detailnya sesuai dengan kemauan manusia, itu tetap susah bagi AI secanggih apa pun. Masih dibutuhkan akal dan bantuan manusia profesional guna mendapatkan hasil karya yang sesuai. 

Bagaimana dengan Urusan Hak Ciptanya?

Bagaimana Urusan Hak Ciptanya

Freepik/vecstock

Banyak perdebatan mengenai status seni dari gambar yang dihasilkan melalui Midjourney. Pro-kontra terjadi karena ide gambar tersebut sebetulnya berasal dari penggunanya sendiri, namun karyanya dikerjakan oleh teknologi AI tersebut. Selain masalah status seni, masalah hak cipta pun turut diperbincangkan.

Banyak orang mengira bahwa gambar yang dihasilkan oleh Midjourney dapat langsung dijual seperti di NFT marketplace. Kenyataannya hal tersebut tidak semudah itu untuk dilakukan. 

Menurut Terms of Service yang dibuat oleh Midjourney pada 23 Februari 2022, hak cipta gambar yang dihasilkan merupakan milik Midjourney. Gambar yang dihasilkan pun dapat digunakan kembali oleh penggunanya, jika sudah berlangganan paket berbayar Pro. 

Nah, jadi itulah tadi informasi yang “apa itu Midjourney?” yang bisa menjadi pengetahuan baru. Semoga detail informasi yang sudah dipaparkan dapat bermanfaat, ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *