Cak Imin Siap Godok Kebijakan Nasional yang Adil

Cak Imin

DasFacto – Cak Imin selaku cawapres nomor urut 1 kembali mengkritisi kebijakan nasional pemerintahan Jokowi yang dinilai tidak berpijak pada keadilan.

Dimana Cak Imin mengkritik kebijakan terhadap penanganan sektor pertanian, kelautan dan lingkungan. Dirinya menganggap ketiga sektor tersebut tidak mendapatkan perhatian serius.

Lebih lanjut dirinya memaparkan bahwa kerusakan lingkungan disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang tidak tepat sasaran.

Baca Juga: Midjourney? Begini Cara Menggunakannya

Oleh karena itu, jika terpilih sebagai presiden pada Pemilu Februari nanti dirinya berkomitmen untuk membawa program nasional yang didasarkan pada prinsip keadilan.

“Kebijakan nasional harus berpijak pada yang namanya keadilan, keadilan iklim, ekologi, keadilan antargenerasi, keadilan agraria dan tentu keadilan sosial,” jelasnya dalam debat cawapres di JCC, Senayan, Minggu (21/1/2024) malam.

Ketua Umum PKB tersebut menegaskan bahwa dalam penyusunan program ke depan, pihaknya akan melibatkan banyak partisipasi rakyat. Pembangunan diawali dari pedesaan, mengingat desa merupakan pusat kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dilaporkan PDIP Jawa Barat ke Bawaslu, Ada Apa?

Dirinya menekankan pentingnya melibatkan rakyat dalam proses pembangunan, karena rakyat adalah pemilik negeri, sedangkan pemerintah hanya sebagai pelaksana. Oleh karena itu, desa dianggap sebagai titik pusat pembangunan.

“Rakyat harus dilibatkan, tidak boleh ditinggalkan karena pemilik negeri adalah rakyat, pemerintah hanyalah pelaksana. Oleh karena itu, desa harus jadi titik tumpu pembangunan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, kita harus melakukan perubahan tidak boleh berdiam diri. Perubahan ini menghadapi masa depan generasi mendatang.

Baca Juga: Soal Konflik Pemerintah vs Masyarakat Adat, Ini Kata Cak Imin

“Saya menyampaikan salam kepada petani dan seluruh warga bangsa. Bersama-sama kita harus melakukan perubahan agar kita bisa lebih maju,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *