Semoga Janji 3 Capres-cawapres Berantas Korupsi Bukan Hanya Gimmick 

DasFacto – Sejumlah janji yang ditawarkan oleh ketiga paslon capres-cawapres dalam diskusi Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku integritas) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), diharapkan bukan gimmick semata.

Pengamat politik dari Badan Research dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli, mengapresiasi KPK yang sudah mengundang tiga paslon untuk menyampaikan sejumlah janji serta komitmennya terhadap pemberantasan korupsi.

Romli berharap janji-janji yang dipaparkan oleh tiga paslon tadi malam benar-benar direalisasikan jika menang dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Para paslon tersebut di hadapan para pimpinan KPK dan publik, mereka berkomitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi. Saya berharap apa yang disampaikan oleh para paslon itu bukan gimmick semata, tapi sungguh-sungguh akan dilaksanakan,” kata Romli, kepada Akurat.co, di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

“Jangan seperti sebelumnya, berkomitmen untuk pemberantasan korupsi, tapi yang terjadi sebaliknya,” tambahnya.

Setelah mengamati hasil diskusi tersebut, Romli mengaku setuju dengan beberapa gagasan yang diberikan ketiga calon presiden tersebut.

Seperti revisi Undang-Undang KPK, menjadikan KPK sebagain institusi independen, mengubah sistem perekrutan pejabat KPK, percepatan RUU Perampasan Aset, serta memiskinkan koruptor.

“Untuk itu, saya setuju terhadap revisi UU KPK dan menjadikan KPK sebagai institusi yang independen, rekrutmen penjabat atas dasar integritas, percepatan RUU Perampasan Aset dan pemiskinan koruptor serta UU Pendanaan Politik,” demikian Romli.

Seperti diketahui, KPK telah mengundang pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 untuk membahas persiapan menjelang Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (Paku Integritas).

Ketiga paslon tampak hadir bersama, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *