Biodata dan Profil Pangeran Abdul Mateen

DasFacto – Perasaan yang bahagia kini sedang menyelimuti hati Pangeran Abdul Mateen. Seperti diketahui, Pangeran Mateen telah resmi menikah dengan kekasih hatinya, Anisha Rosnah. Akad nikah mereka diketahui dilangsungkan pada Kamis (11/1/2024).

Nama Pangeran Mateen memang sudah hangat dibicarakan sejak beberapa waktu lalu. Meski sudah dikenal dan telah ramai dibicarakan, ternyata masih ada beberapa orang yang belum mengenal lebih dekat dengan sosoknya.

Kali ini untuk menjawab rasa penasaranmu tentang sosok Pangeran Mateen,biodata dan profil Pangeran Abdul Mateen dari berbagai sumber.

Simak terus untuk membacanya, yuk!

Biodata Singkat Pangeran Abdul Mateen

Biodata Singkat Pangeran Abdul Mateen

Youtube.com/Ronn RS

  • Nama lengkap: Abdul Mateen Bolkiah
  • Nama dengan gelar: Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda Abdul Mateen
  • Dikenal sebagai: Pangeran Abdul Mateen
  • Tempat, tanggal lahir: Bandar Seri Begawan, 10 Agustus 1991
  • Orangtua: Sultan Hassanal Bolkiah (papa), Mariam Aziz (mama)
  • Anak ke: 10
  • Pasangan: Anisha Rosnah (menikah pada 11 Januari 2024)
  • Instagram: @tmski

Selain melalui biodata singkat, kamu juga bisa mengenal sosok Pangeran Abdul Mateen dari beberapa fakta menarik tentangnya. Perlu kamu ketahui, Pangeran Abdul Mateen ternyata memiliki banyak fakta menarik yang selama ini jarang diketahui.

Ini dia fakta menarik tentang profil Pangeran Abdul Mateen!

1. Pangeran Abdul Mateen adalah anak kesepuluh Sultan Hassanal Bolkiah

1. Pangeran Abdul Mateen adalah anak kesepuluh Sultan Hassanal Bolkiah

Instagram.com/tmski

Bagi kamu yang belum tahu, Pangeran Abdul Mateen adalah anak kesepuluh dari Sultan Hassanal Bolkiah yang merupakan Sultan Brunei. Pangeran Mateen diketahui lahir di Bandar Seri Begawan, Brunei, pada tanggal 10 Agustus 1991 silam.

Sekadar informasi, Pangeran Mateen sendiri lahir dari pasangan Sultan Hassanal Bolkiah dengan istri kedua yang bernama Mariam Aziz. Akan tetapi, pernikahan pasangan ini berakhir dengan cerai pada tahun 2003 silam setelah bertahan selama 21 tahun.

2. Pangeran Abdul Mateen memiliki 11 saudara di keluarganya

2. Pangeran Abdul Mateen memiliki 11 saudara keluarganya

Instagram.com/tmski

Di keluarganya, Pangeran Mateen ternyata memiliki jumlah saudara yang sangat banyak, yakni sebanyak 11 saudara. Adapun mereka terdiri dari empat orang saudara laki-laki, dan tujuh orang yang merupakan saudara perempuan.

Banyaknya jumlah saudara Pangeran Mateen karena papanya memiliki banyak anak, yaitu sebanyak 12 anak. Sultan Hassanal Bolkiah sendiri diketahui sudah tiga kali menikah selama hidupnya.

Dari istri pertama, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki enam orang anak. Sementara dari istri kedua, dia memiliki empat anak. Dari pernikahannya dengan istri ketiga, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki dua orang anak.

3. Pangeran Abdul Mateen menempuh pendidikan di Brunei Darussalam dan Inggris

3. Pangeran Abdul Mateen menempuh pendidikan Brunei Darussalam Inggris

Instagram.com/tmski

Selain kehidupan keluarga, latar belakang pendidikan juga menjadi salah satu topik yang tidak luput dari perhatian publik untuk dicari tahu lebih dalam. Menempuh pendidikan di Brunei Darussalam. Saat jenjang Sekolah Dasar, Pangeran Mateen mengeyam pendidikan di St. Andrew School.

Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya di Paduka Seri Begawan Sultan Science College dan Sekolah Internasional Jerudong yang adalah sekolah terbaik di Brunei Darussalam.

Dia kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Inggris. Pangeran Mateen diketahui menempuh pendidikan sarjana di King’s College London untuk jurusan Politik Internasional dan meraih gelar Bachelor of Arts.

Pada 2016, dia meraih gelar Master of Arts di School of Oriental and African Studies, Universitas London, dengan jurusan Kajian Internasional dan Diplomasi.

4. Pangeran Abdul Mateen pernah masuk ke kursus kedinasan di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, Inggris

4. Pangeran Abdul Mateen pernah masuk ke kursus kedinasan Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, Inggris

Instagram.com/tmski

Di balik sosoknya, Pangeran Mateen ternyata pernah terbang ke Inggris untuk menempuh pendidikannya. Dia ternyata pernah masuk kursus kedinasan di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, Inggris.

Saat itu, Pangeran Mateen menjadi salah satu kandidat termuda yang diterima di Sandhurst. Dia bahkan berhasil lulus dari kursus komisioning sebagai perwira kadet dan naik pangkat menjadi Letnan Dua pada tahun 2011.

Pangeran Mateen pun pernah melanjutkan pendidikannya di Helicopter Flying School di RAF Shawbury. Dia berhasil menamatkan pendidikannya dan meraih gelar sebagai pilot. Dengan ini, dia mengikuti jejak papanya yang juga pernah menjadi pilot helikopter.

Setelah lulus, Pangeran Mateen dianugerahi brevet penerbang oleh papanya. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada 20 Mei 2021, dia naik pangkat menjadi Mayor.

Pada September 2021, dia menjalani kursus All Arms Commando (AACC) di Pusat Pelatihan Komando Marinir Kerajaan (CTCRM), Lympstone, Devon, Britania Raya.

5. Pangeran Abdul Mateen pernah menjadi perwakilan olahraga polo di ajang SEA Games 2017 dan 2019

5. Pangeran Abdul Mateen pernah menjadi perwakilan olahraga polo ajang SEA Games 2017 2019

Instagram.com/missnoorcahaya | Youtube.com/Ronn RS

Menariknya, Pangeran Mateen juga aktif berkegiatan di bidang olahraga. Dia bahkan merupakan anggota polo. Sebagai informasi, polo adalah olahraga bola yang menggunakan kuda.

Pangeran Mateen sendiri merupakan penunggang kuda yang berbakat. Sebagai penunggang kuda, dia sudah menunjukkan aksinya. Dia bahkan pernah menjadi perwakilan polo di ajang SEA Games 2017 dan 2019.

6. Pangeran Abdul Mateen bukanlah penerus takhta papanya

6. Pangeran Abdul Mateen bukanlah penerus takhta papanya

Instagram.com/tmski

Jika dilihat dari garis keturunan keluarga Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen ternyata bukanlah penerus takhta Sultan Brunei berikutnya. Hal itu tidak mengherankan karena Sultan Hassanal Bolkiah memiliki anak lelaki dari istri pertama.

Sebagai informasi, penerus takhta berikutnya adalah Pangeran Al-Muhtadee Billah. Dia adalah anak laki-laki dari Sultan Hassanal Bolkiah dengan Saleha Mohamed Alam.

7. Pangeran Abdul Mateen telah resmi menikah dengan Anisha Rosnah

7. Pangeran Abdul Mateen telah resmi menikah Anisha Rosnah

Youtube.com/RTB News

Pada Kamis (11/1/2024), Pangeran Mateen telah resmi menikah dengan Anisha Rosnah. Keduanya resmi menjadi pasangan suami istri setelah menggelar akad nikah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien yang berada di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

“Saya terima nikahnya Dayang Anisha Rosnah binti Adam dengan maharnya 1.000 ringgit tunai,” ucap Pangeran Mateen.

Dalam akad nikah yang digelar, diketahui memberikan maskawin atau mahar berupa uang yang diketahui berjumlah senilai 1.000 ringgit Brunei Darussalam atau sekitar Rp 11,7 juta.

Setelah melaksanakan akad nikah, Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah dijadwalkan akan melangsungkan Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja atau resepsi pernikahan pada 14 Januari 2024 mendatang.

Jadi, itulah biodata dan profil Pangeran Mateen yang telah resmi menjadi suami Anisha Rosnah.

Selamat untuk Pangeran Mateen yang sudah resmi menikah dengan Anisha Rosnah. Mari kita doakan semoga pernikahan mereka dipenuhi dengan kebahagiaan dan selalu harmonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *