Ulik: Isi Lengkap Pernyataan AS terhadap Serangan Gabungan di Yaman

Perang

DasFacto – Amerika Serikat dan Inggris melancarkan serangan dari udara dan laut terhadap target-target militer Houthi di Yaman pada Kamis (11/1/2024) dini hari waktu setempat.

Diketahui, serangan yang dilancarkan Amerika Serikat dan Inggris sebagai tanggapan atas berbagai serangan yang dilancarkan oleh kelompok tersebut terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengatakan bahwa serangan di Yaman menargetkan situs rudal dan radar Houthi.

Lloyd Austin, yang saat ini berada di rumah sakit dalam masa pemulihan dari operasi kanker baru-baru ini, menggambarkan tindakan tersebut dimaksudkan untuk mengganggu dan menurunkan kemampuan Houthi yang membahayakan para pelaut dan mengancam perdagangan global di Laut Merah.

Dikutip dari Sky News, berikut pernyataan Menteri Pertahanan AS secara lengkap:

Sehubungan dengan serangan Houthi yang ilegal, berbahaya, dan mendestabilisasi yang didukung Iran terhadap kapal-kapal AS dan internasional. Serta kapal-kapal komersial dari berbagai negara yang secara sah transit di Laut Merah. Hari ini militer Amerika Serikat dan Inggris, dengan dukungan Australia, Bahrain, Kanada, dan Belanda. Melakukan serangan terhadap target militer di wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman.

Tindakan ini dimaksudkan untuk mengganggu dan menurunkan kemampuan Houthi yang membahayakan pelaut. Sekaligus mengancam perdagangan global di salah satu jalur perairan paling penting di dunia.

Aksi koalisi hari ini mengirimkan pesan yang jelas kepada Houthi. Bahwa mereka akan menanggung biaya lebih lanjut jika mereka tidak mengakhiri serangan ilegal mereka.

Serangan hari ini menargetkan situs-situs yang terkait dengan kendaraan udara tak berawak. Rudal balistik dan jelajah Houthi, serta radar pantai dan kemampuan pengawasan udara.

Amerika Serikat mempertahankan haknya untuk membela diri dan, jika perlu, kami akan mengambil tindakan lanjutan untuk melindungi pasukan AS.

Sejak 19 November, Houthi telah melancarkan lebih dari dua lusin serangan terhadap kapal-kapal, termasuk kapal-kapal komersial. Sehingga menciptakan tantangan internasional yang menuntut tindakan bersama.

Hari ini, koalisi negara-negara yang berkomitmen untuk menegakkan tatanan internasional berbasis aturan menunjukkan komitmen bersama. Tentunya untuk membela kapal-kapal AS dan internasional serta kapal-kapal komersial. Dalam menggunakan hak-hak navigasi dan kebebasan dari serangan ilegal dan tidak dapat dibenarkan.

Kami tidak akan ragu-ragu untuk mempertahankan kekuatan kami. Ekonomi global, dan aliran bebas perdagangan yang sah di salah satu jalur perairan vital dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *