Setuju dengan Jusuf Kalla, PDIP: Mari Jaga Netralitas Pemilu

Hasto Kristiyanto

DasFacto – Wakil Presiden Ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK), menyinggung Presiden Joko Widodo untuk tetap netral di Pilpres 2024.

Pasalnya, Jokowi sudah menyatakan sumpah jabatan di atas Al-Quran sebelum dilantik sebagai presiden.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, pun mengaku sependapat dengan JK. Menurutnya, perkataan JK tidak akan meleset sebab JK adalah pemimpin yang berpengalaman.

Hasto juga meyakini nasihat JK akan didengar oleh Jokowi karena sebelumnya pernah berpasangan memimpin Indonesia.

“Kami setuju dengan pendapat Pak Jusuf Kalla. Beliau sosok pemimpin berpengalaman. Dan apa yang disampaikan Pak JK kami yakin didengarkan Pak Presiden Jokowi,” ujarnya kepada wartawan di kawasan Cilandak, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Menurut Hasto, harapan tersebut bisa diartikan sebagai keinginan JK yang tidak mau Jokowi menjadi presiden dengan catatan buruk karena tidak mampu berdiri tegak bersama keadilan rakyat.

“Ini menjadi bagian dari legacy Bapak Presiden. Jangan sampai tercatat sebagai sosok yang tidak mampu menjadi payung keadilan bagi rakyat, tidak mampu menjalankan pemilu yang demokratis. Ini yang diharapkan dan dipesankan oleh Pak JK terhadap Presiden Jokowi,” jelas Hasto.

Sebelumnya, JK mengatakan bahwa Jokowi bakal melanggar dua sumpah jika tidak netral dalam pemilu yaitu melanggar sumpah pada undang-undang dan sumpah pada Al-Quran.

Pesan tersebut sebetulnya tidak hanya ditujukan kepada Jokowi. JK juga mengingatkannya kepada pejabat yang lain agar tetap netral dalam Pemilu 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *