JK Singgung Gabungan Koalisi di Putaran Kedua Pilpres, PDIP: Rakyat yang Menentukan

Jusuf Kalla

DasFacto – Wakil Presiden Ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK), menyinggung soal kemungkinan bergabungnya dua koalisi pengusung capres di Pilpres 2024.

Menurut Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, satu atau dua putaran Pilpres 2024, biar rakyatlah yang menentukan.

Yang terpenting baginya, pilihan rakyat tidak boleh diintimidasi atau dipaksakan seperti dengan cara politisasi bansos, politik uang dan lain sebagainya.

“Satu putaran atau dua putaran rakyat menentukan. Yang penting jangan ada sampai ada paksaan dari otoritas kekuasaan dari berbagai intimidasi,” ujarnya usai deklarasi dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di kawasan Cilandak, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

“Melalui berbagai politisasi bansos, melalui praktik money politic dengan mengunakan kekuatan uang untuk memaksakan satu putaran. Biarlah rakyat yang menentukan karena kedaulatan berada di tangan rakyat,” Hasto menjelaskan.

Sebelumnya diberitakan, JK memandang koalisi baru biasanya tergantung urutan pemenang partai politik pada Pemilu 2024 mendatang.

Saat ditanya soal keyakinan koalisi baru yang terbentuk, JK kembali menegaskan semua itu tergantung keputusan parpol. Menurut dia, parpol berhak menentukan arahnya berlayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *