Banyaknya Pelanggaran Pemilu, TPN Ganjar-Mahfud: Bawaslu Harus Tegas!

Badan Pengawas Pemilu

DasFacto – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyambangi Gedung Bawaslu untuk berdiskusi.

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, mengatakan, kedatangan pihaknya yakni meminta Bawaslu tegas dalam menindaklanjuti setiap dugaan pelanggaran Pemilu 2024.

“Kita minta Bawaslu untuk lebih proaktif berperan dalam menjaga integritas pemilu dan pilpres. Kita minta Bawaslu lebih proaktif menangani laporan-laporan pelanggaran yang masuk ke Bawaslu,” jelasnya kepada wartawan di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Todung menyebut, dugaan pelanggaran pemilu seperti pertemuan perangkat desa yang dihadiri salah satu cawapres dinilai kurang tegas dalam penindakannya.

Pasalnya, meskipun Bawaslu sudah memberikan rekomendasi kepada seluruh perangkat desa untuk menjaga netralitas namun tidak dirasakan efeknya.

“Pertemuan kepala desa beberapa waktu lalu di Jakarta, itu menurut kami sebuah pelanggaran. Dan Bawaslu sudah menulis imbauan kepada seluruh kepala desa untuk menghormati netralitas,” ujarnya.

Menurut Todung, pertemuan perangkat desa yang digagas Apdesi itu sudah merugikan pasangan capres lain yang sedang bertarung di Pilpres 2024.

“Jadi tidak melakukan pertemuan-pertemuan yang tendensius bersifat kampanye yang bertujuan menguntungkan paslon tertentu,” pintanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *