Film Romantis dengan Sad Ending, Bikin Baper

Sebuah film romantis memang menyenangkan untuk ditonton karena bisa membuat perasaan baper. Para penonton juga terkadang ingin memiliki kisah cinta romantis seperti yang ditampilkan dalam film. 

Namun, tidak sedikit juga film romantis yang memiliki akhir yang menyedihkan. Akibatnya, penonton harus siap sedih berkepanjangan meski film itu hanya sebuah karya fiksi semata. 

Kali ini 15 rekomendasi film romantis dengan akhir cerita yang menyedihkan.

1. All the Bright Places

1. All the Bright Places

Imdb.com

All the Bright Places mengisahkan tentang dua sahabat yang berusaha mengatasi trauma masing-masing. Violet Markey mengalami trauma setelah kematian sang Kakak yang cukup tragis, sedangkan Theodore Finch harus hidup dalam bayang-bayang trauma hingga ia kerap berpikir untuk mengakhiri hidupnya. 

Violet dan Finch mulai bersahabat setelah dipasangkan untuk mengerjakan tugas sekolah. Persahabatan mereka justru bisa menyembuhkan trauma masing-masing sekaligus menyimpan akhir cerita yang menyedihkan. 

2. A Walk to Remember

2. A Walk to Remember

Imdb.com

A Walk to Remember mengisahkan tentang seorang anggota geng motor bernama Landon Carter yang jatuh cinta dengan seorang perempuan polos bernama Jamie Sullivan.

Mereka berdua memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang, namun hal itulah yang membuat mereka saling mencintai. 

Ketika hubungan asmara mereka mulai serius, Jamis justru mengungkap sebuah fakta yang menyakitkan bagi Landon. Perasaan mama akan dibuat campur aduk menyaksikan kisah cinta mereka dan bagaimana mereka mempertahankan hubungan asmaranya. 

3. Habibie dan Ainun

3. Habibie Ainun

Imdb.com

Film Habibie dan Ainun merupakan film yang diangkat dari kisah nyata tentang kehidupan mantan Presiden Indonesia, BJ Habibie, dan istrinya, Hasri Ainun Habibie. Kisah cinta keduanya bermula di bangku SMA dan kembali terukir ketika keduanya duduk di bangku kuliah. 

Habibie muda yang sedang menempuh pendidikan di Jerman memiliki mimpi membuat pesawat terbang pertama untuk Indonesia. Perjalanan karier Habibie juga didukung oleh sang Istri, Ainun, yang ikut terbang ke Jerman setelah keduanya meresmikan pernikahan. 

Penonton seolah ikut merasakan pengorbanan, rasa sakit, dan perasaan cinta yang kuat antara Habibie dan Ainun. Di akhir cerita, penonton siap-siap untuk menangis karena kesetiaan yang ditunjukkan oleh Habibie kepada Ainun hingga akhir hayatnya.

4. Heart

4. Heart

Imdb.com

Heart adalah salah satu film sad ending paling fenomenal di Indonesia. Film yang dibintangi oleh Nirina Zubir, Irwansyah, dan Acha Septriasa ini mengisahkan tentang cinta segitiga antara Rachel, Farel, dan Luna. 

Rachel dan Farel yang diperankan oleh Nirina Zubir dan Irwansyah dikisahkan sebagai sepasang sahabat yang saling mengisi satu sama lain sejak mereka duduk di bangku SD. 

Tanpa sepengetahuan Farel, Rachel ternyata memendam perasaan cinta pada sahabatnya tersebut. Namun, Farel justru mencintai perempuan lain, Luna, yang sedang mengidap penyakit kronis. 

Cinta segitiga antara mereka tidak seperti kisah cinta pada umumnya. Penonton harus siap dengan akhir cerita yang menyakitkan tentang seberapa besar perasaan cinta Rachel untuk Farel. Namun, Farel terlambat mengetahui hal tersebut. 

5. If I Stay

5. If I Stay

Imdb.com

If I Stay yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Gayle Forman ini mengisahkan tentang kisah melodramatik antara Mia Hall dan Adam. Mia dan Adam sama-sama menyukai musik, sehingga mereka saling mendukung satu sama lain untuk mengejar mimpi masing-masing di bidang musik. 

Konflik dari film ini dimulai ketika Mia mendapat beasiswa sekolah musik di New York, sedangkan Adam harus sibuk dengan tur band-nya. Jarak dan kesibukan mereka memantik konflik kecil dalam hubungan mereka. Namun, hubungan mereka semakin diuji ketika keluarga Mia mengalami sebuah kecelakaan. 

Mia harus terbaring koma sedangkan keluarganya dinyatakan tewas. Saat koma, jiwa Mia terpisah dari tubuhnya, sehingga ia harus dihadapkan pada pilihan untuk melanjutkan hidup atau memilih mati menyusul keluarganya. 

6. La La Land

6. La La Land

Imdb.com

Hampir semua penggemar film pernah menonton film La La Land yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Emma Stone.

Film dengan akhir tidak membahagiakan itu menceritakan kisah cinta antara Sebastian, seorang pianis musik Jazz serta  Mia, perempuan yang bercita-cita menjadi aktris terkenal. 

Masing-masing mempunyai mimpi yang kuat tentang masa depan, sehingga mereka saling mengisi dan mendukung satu sama lain untuk meraih mimpi tersebut.

Film musikal ini akan memanjakan penonton dengan sinematografi yang apik dan jalan cinta yang menghibur. Namun, penonton juga harus siap dengan ending yang tidak sesuai ekspektasi. 

7. Last Christmas

7. Last Christmas

Imdb.com

Film karya sutradara Paul Feig ini mengisahkan hubungan asmara antara Kate Andrich dan Tom. Pertemuan mereka bermula ketika Kate terancam menjadi gelandangan karena diusir oleh pemilik apartemen. Kate kemudian bekerja sebagai penjaga toko pernak-pernik Natal dan mengikuti audisi bernyanyi. 

Dari situlah, Kate bertemu Tom yang ternyata mampu membahagiakan dirinya. Sejak mengenal Tom, Kate mulai belajar mencintai dirinya sendiri dan mengubah pandangannya terhadap kehidupan. 

Kate yang mulai jatuh hati pada Tom pun memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya. Namun, hal itu justru membuat Tom menjauh tanpa alasan yang jelas. Padahal Tom memiliki alasan tersendiri, sehingga memutuskan menjauh dari Kate. 

8. Me Before You

8. Me Before You

Imdb.com

Film Me Before You diadaptasi dari sebuah novel terkenal karya Jojo Moyes. Film romantis ini mengisahkan kisah cinta antara seorang pebisnis yang mengalami kecelakaan dan perempuan yang memberikan semangat hidup kepada pebisnis tersebut. 

Pebisnis bernama Will itu mengalami kecelakaan hebat hingga menyebabkan dia lumpuh, bahkan harus hidup bertahan hidup dengan bantuan kursi roda. Will kemudian bertemu dengan Louisa yang merawatnya dan mencoba membangkitkan kembali semangat hidupnya. 

Padahal, saat itu Louisa juga sedang terpuruk karena baru dipecat dari pekerjaannya. Kisah cinta antara Will dan Lou mampu membuat emosi penonton campur aduk hingga dihadapkan dengan ending yang tidak membahagiakan. 

9. Midnight Sun

9. Midnight Sun

Imdb.com

Film Midnight Sun cocok untuk Mama yang sedang mencari film yang menceritakan kisah melodramatik dengan alur yang lambat.

Film yang dibintangi oleh Bella Thorne dan Patrick Schwarzenegger ini menceritakan tentang seorang gadis yang mengidap penyakit Xeroderma Pigmentosum yang membuatnya tidak dapat terpapar sinar matahari. 

Gadis bernama Katie Price itu hanya bisa memandangi laki-laki yang disukainya dari balik jendela rumahnya. Penonton akan disuguhkan dengan kisah cinta yang manis dan romantis, namun memiliki banyak permasalahan.

Penonton pun harus siap dengan akhir cerita yang mampu membuat hati sedih berkepanjangan. 

10. Paper Towns

10. Paper Towns

Imdb.com

Paper Towns yang dibintangi oleh Cara Delevingne dan Nat Wolff ini menceritakan tentang persahabatan antara Marco dan Quentin. Persahabatan keduanya mulai diuji ketika Marco tiba-tiba mengajak Quentin untuk berpetualang. 

Dalam pertualangan tersebut, Marco dan Quentin justru menemukan makna dari persahabatan dan percintaan.

11. P.S I Love You

11. P.S I Love You

Imdb.com

Film P.S I Love You cocok untuk Mama yang menyukai film romantis dengan alur yang menyedihkan. Film ini mengisahkan tentang pasangan suami istri, Gerry dan Holly, yang harus dipisahkan oleh kematian. Pasalnya, Gerry meninggal dunia secara mendadak karena penyakit tumor otak. 

Sejak kematian suaminya, Holly terpaksa menarik diri dari pergaulan dan memilih menyendiri. Namun di saat ulang tahunnya ke-30, Holly justry mendapat kejutan yang berisi pesan-pesan dari Gerry.

12. Remember Me

12. Remember Me

Imdb.com

Film yang dibintangi oleh Robert Pattinson serta Emilie De Ravin ini mengisahkan cinta romantis antara Tyler Hawkins dan Ally Craig yang memiliki trauma setelah ditinggal orang-orang tersayang.

Tyler belum bisa melupakan kematian kakaknya yang bunuh diri, sedangkan Ally harus menyaksikan kematian Mamanya yang dibunuh di sebuah stasiun kereta bawah tanah. 

Film dengan alur lamat ini mampu memberikan kesan tersendiri bagi penonton. Sebab, penonton akan diajarkan untuk lebih menghargai waktu dengan orang-orang tersayang.

Mama harus siap dengan akhir cerita yang menyedihkan antara Tyler dan Ally yang berkaitan dengan tragedi 11 September 2001. 

13. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

13. Tenggelam Kapal Van Der Wijck

Imdb.com

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck merupakan film yang melambungkan nama Herjunot Ali dan Pevita Pearce.

Film yang bergenre romansa ini mengisahkan tentang hubungan cinta antara Zainuddin dan Hayati yang harus terpisah karena latar belakang sosial yang berbeda. 

Zainuddin diceritakan sebagai laki-laki keturunan Bugis dan Minang yang jatuh cinta pada Hayati. Namun, adat istiadat tidak mengizinkan Zainuddin dan Hayati bersatu karena status Minang Zainuddin tidak diakui masyarakat. Hayati pun dipaksa menikah dengan laki-laki terpandang bernama Aziz. 

Zainuddin pun merasa dikhianati oleh Hayati yang memilih mengikuti permintaan keluarganya dibanding memperjuangkan cintanya bersama Zainuddin. Zainuddin pun memilih merantau ke Pulau Jawa dan merintis karier sebagai penulis. 

Setelah status sosial Zainuddin diakui oleh masyarakat, hubungan cintanya bersama Hayati nyatanya harus berakhir dengan kematian.

14. The Fault in Our Stars

14. The Fault in Our Stars

Imdb.com

The Fault in Our Star yang diadopsi dari novel berjudul sama karya John Green. Film romantis ini mengisahkan kisah cinta antara dua remaja, Hazel Grace dan Augustus Waters. Hazel Grace sedang mengidap kanker, sedangkan Augustus adalah mantan pebasket yang harus kehilangan kakinya karena diamputasi. 

Kekurangan itulah yang membuat mereka saling mengisi satu sama lain. Hazel dan Augustus bahkan pergi bersama ke Amsterdam untuk menemui penulis novel favorit Hazel, yakni Van Houten.

Namun, kisah cinta mereka harus berakhir dengan kesedihan yang mampu membuat penonton menangis semalaman. 

15. Titanic

15. Titanic

Imdb.com

Membicarakan topik film romantis tentu tidak lepas dari film Titanic yang diangkat dari kisah nyata tenggelamnya kapal termewah di abad ke-20. Kapal Titanic yang tenggelam pada 15 April 1912 harus memisahkan pasangan yang saling jatuh cinta, yakni Rose Dewitt Bukater dan Jack Dawson. 

Hubungan Rose dan Jack awalnya ditentang karena perbedaan latar belakang keluarga. Rose saat itu juga memiliki seorang tunangan, sehingga perasaan cintanya pada Jack dianggap sebagai perselingkuhan. 

Belum selesai masalah percintaan antara Rose dan Jack, keduanya juga harus bertahan hidup ketika kapal mewah Titanicmulai tenggelam. Perjuangan Rose dan Jack untuk bertahan hidup akan membuat emosi penonton terombang-ambing. 

Siapa pun yang menonton film Titanic tentu setuju jika ini termasuk salah satu film romantis dengan ending yang mampu membuat penonton menangis seharian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *