Makanan Khas Italia yang Wajib Kamu Coba!

Olahan Kentang

DasFacto – Makanan Khas Italia yang terkenal adalah pizza, lasagna, dan carbonara. Orang Italia menggunakan makaroni dan keju untuk lasagna dan carbonara. Ada juga es krim gelato dalam berbagai rasa. Makanan khas Italia terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Restoran di Indonesia bahkan menawarkan makanan dan minuman khas Italia. Berikut adalah daftar makanan dari Italia. Melansir dari Katadata.

  1. Pasta 

Ciri khas makanan yang berasal dari Italia terbuat dari pasta. Negara di benua Eropa ini menyediakan berbagai makanan dari pasta. Contoh makanan dari bahan pasta yaitu carbonara. Ada juga pasta gnocchi, yang ditambahkan dengan saus tomat, sosit, dan rempah kunyit. 

  1. Risotto 

Selain pasta, masakan khas Italia ada juga yang sedikit berkuah, yaitu risotto. Masakan ini terbuat dari nasi gandum, kaldu ayam, daging sapi, dan sayuran. Cara membuatnya nasi dan kaldu diaduk dalam api kecil. Setelah mengental dan matang, risotto kemudian diberi keju, rempah rempah, dan makanan laut. 

  1. Pizza 

Pizza termasuk makanan khas Italia yang terkenal di Indonesia. Ada berbagai topping pilihan yang ditambahkan di atas pizza, seperti keju, daging asap, sosis, bakso, dan masih banyak lagi. 

  1. Polenta dan Daging yang Diawetkan 

Italia bagian utara memiliki hidangan khas untuk musim tertentu. Nama makanan Italia tersebut adalah polenta. Bahan polenta terdiri dari tepung jagung kuning, lalu dimasak dengan mentega dan keju parmesan. Polenta biasanya dimakan ketika udara dingin di Italia. Selain polenta, masyarakat juga mengawetkan daging. Nama daging yang diawetkan menjadi sosis adalah nduja. Mengutip dari neilson.co.uk, nduja terbuat dari daging babi. Kemudian daging ini diawetkan menjadi sosis babi pedas. 

  1. Tortellini 

Tortellini merupakan makanan khas Italia berbentk pasta berukuran kecil yang bentuknya pipih. Pasta tortellini termasuk hidangan pasta yang berisi keju dan campuran daging. 

  1. Tiramisu 

Tiramisu Kue khas Italia populer adalah Tiramisu. Di Indonesia, tiramisu banyak dijual dengan berbagai warna dan campuran rasa unik. Tiramisu memiliki rasa sedikit pahit ketika dimakan. Di Italia, tiramisu menjadi makanan penutup. Kue ini terbuat dari campuran gula, keju, dan coklat. 

  1. Gnocchi 

Gnocchi berukuran kecil seperti tortellini, namun lebih gemuk. Gnocchi terbuat dari campuran tepung gandum dan kentang tumbuk. Makanan ini juga dicampur dengan mentega dan sage. 

  1. Lasagna 

Lasagna termasuk makanan khas Italia yang populer di Indonesia. Makanan ini dilapisi dengan pasta, keju, dan daging. Lasagna dilapisi dengan saus tomat, keju ricotta, dan keju mozarella. Bahan makanan tersebut kemudian dipanggang hingga matang. 

  1. Ravioli 

Ravioli termasuk makanan jenis pasta yang bentuknya persegi atau bundar. Bahan pembuat ravioli yaitu tepung, telur, dan minyak zaitun. Sedangkan bagian dalam ravioli berisi campuran keju ricotta, bumbu, sayur tomat, keju mozarella, dan telur. Bagian dalam tersebut kemudian dimasukkan dalam pasta lalu direbus dalam air mendidih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *