Soal Surat Suara Tercoblos di Taipei, DPR: Segera Usut Tuntas!

Illustrasi

DasFacto – Anggota Komisi II DPR, Aminurokhman meminta Bawaslu untuk segera mengungkapkan pelaku di balik kasus surat suara yang terjadi di Taipei.

Dimana sebanyak 31.276 surat suara dikirimkan di luar jadwal dan telah dicoblos. Oleh karena itu, anggota Komisi II tersebut menegaskan bahwa peran Bawaslu sangat penting dalam memastikan fungsi pengawasan berjalan dengan baik.

Sebab, lanjutnya, jika Bawaslu tidak mampu mengungkap pelaku dalam kasus ini maka jangan menyalahkan pihak yang meragukan kredibilitas Pemilu 2024.

Baca Juga: Mahfud MD: Keislaman dan Keindonesiaan Menuntun Toleran terhadap Perbedaan

“Bawaslu harus mengambil langkah-langkah yang konkret tuntaskan, mengusut tuntas, motif apa dalam penyelenggaraan Pemilu di luar negeri itu keluar dari ketentuan yang ada,” ucapnya di Jakarta, Jumat (29/12/23).

Menurutnya, peristiwa di Taipei memiliki nilai prinsip yang tinggi. Meskipun potensi suaranya kecil, namun substansi pelanggarannya sangat prinsipil, seperti yang diungkapkan oleh Aminurokhman.

Dia berpendapat bahwa apa yang terjadi di Taipei merupakan penyimpangan dalam penerapan PKPU dan harus diusut tuntas karena potensi hal serupa bisa terjadi di wilayah luar negeri lainnya.

Baca Juga: Dibuka Kembali Kasusnya, Keberadaan Harun Masiku Masih Gelap

Aminurokhman menyoroti bahwa peristiwa di Taipei menunjukkan adanya pelanggaran terhadap aturan yang berlaku.

Oleh karena itu, dia berpendapat bahwa harus ada penyelidikan mendalam untuk mengetahui siapa yang memerintahkan.

Karena, lanjutnya, tidak mungkin hal tersebut hanya inisiatif dari panitia Pemilu luar negeri tanpa memperhatikan UU dan PKPU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *