CSIS: Masyarakat Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi

Ahmad Doli

DasFacto – Centre For Strategic and International Studies (CSIS), merilis survei kepuasan terhadap kepuasan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Survei tersebut menghasilkan sebesar 74 persen pemilih mengaku puas, dan 25,8 persen mengaku tidak puas.

“Kami menemukan bahwa secara umum, 74 persen pemilih mengaku puas dengan kinerja pemerintahan Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin,” kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, saat rilis survei CSIS, di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: Andre Rosiade: Pak Prabowo Tepat, Angkat Gibran jadi Cawapresnya!

Lebih lanjut, CSIS juga menanyakan kepuasan terhadap sejumlah program strategis Jokowi-Ma’ruf.

Adapun program-program tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, mengurangi angka korupsi, dan menjaga stabilitas harga bahan pokok.

“Pada program peningkatan kesejahteraan masyarakat, 69,5 persen pemilih kita mengaku puas, program mengurangi angka kemiskinan lebih tinggi menjawab puas dari pada yang tidak puas,” papar Arya.

Baca Juga: Momen Debat Cawapres, Pengamat Politik: Kasih Pertanyaan Jangan Disingkat Ini Bukan Cerdas Cermat

Sedangkan untuk kinerja menekan angka korupsi, publik terbelah dua antara puas dan tidak puas. Begitu pula dengan menjaga stabilitas harga bahan pokok, lebih banyak yang tidak puas dari pada yang puas.

“Tetapi saat kita tanyakan terhadap penanganan mengurangi angka korupsi. Publik kita terbelah dua, sebagian mengatakan puas 48,4 persen dan sebagian lainnya mengaku tidak puas 50,3 persen. Kemudian terkait menjaga kestabilan harga bahan pokok juga. Menunjukkan angka ketidakpuasan lebih tinggi dari angka responden yang mengatakan puas,” beber Arya.

Baca Juga: Momen Natal 2023, Uskup Agung Apresiasi Kehadiran Pemerintah

Hasil Survei Pemilih dari Calon Presiden

Dari hasil tersebut, CSIS kemudian melakukan survei pemilih dari calon presiden mana yang mengaku puas dan tidak puas terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Pemilih capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, paling benyak yang mengaku puas dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, sedangkan pemilih Anies Muhaimin terbelah dua. Antara yang puas dan tidak puas.

“Sebagian besar dari pemilihnya Pak Prabowo dan Pak Ganjar mengaku puas dengan kinerja pemerintahan. 80,5 persen dari Pak Prabowo mengaku puas, dan 87,3 persen mengaku puas dengan kinerja pemerintahan,” ucap Arya.

“Sementara pemilih Pak Anies terbelah dua, ada yang puas dan tidak puas. 52,2 persen mengaku puas, dan 47,8 mengaku tidak puas,” tambahnya.

Sebagai informasi, CSIS menggelar survei wawancara tersebut secara tatap muka pada 13-18 Desember 2023. Survei itu memiliki 1.300 responden, yang dipilih dengan metode multistage random sampling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *