Cara Cek dan Mencairkan Bantuan Dana BLT El Nino dari Pemerintah

DasFacto – Pemerintah kembali menggelontorkan dana sebesar 7,52 triliun untuk mendukung program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino kepada masyarakat pada akhir bulan Desember ini. Cara ini tentu menjadi bentuk respons dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terhadap dampak kemarau panjang terhadap keluarga tidak mampu.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan bahwa bantuan senilai Rp 200.000 per bulan per keluarga penerima manfaat (KPM) akan diberikan selama dua bulan. Berarti total yang akan diterima masyarakat adalah Rp 400.000. 

Sebanyak 18,8 juta KPM yang telah terdaftar dapat memverifikasi status penerima melalui prosedur yang dijelaskan oleh Sri Mulyani, Menteri Keuangan. Tujuannya untuk memastikan distribusi bantuan yang efisien dari November hingga Desember.

Bagi Mama yang belum tahu, berikut cara cek dan mencairkan bantuan dana BLT El Nino dari pemerintah secara lebih detail. 

Cek BLT El Nino di Situs Kemensos

Cek BLT El Nino Situs Kemensos

Pexels/Karolina Grabowska

Begini cara cek BLT El Nino di situs Kemenkes, antara lain:

  1. Buka laman cek bansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  3. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
  4. Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  5. Jika huruf kode kurang jelas, klik ikon refresh untuk mendapatkan huruf kode baru
  6. Klik tombol CARI DATA. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai wilayah yang diinput

Cek BLT El Nino di Aplikasi Cek Bansos

Cek BLT El Nino Aplikasi Cek Bansos

Freepik/katemangostar

Bagi yang sudah memiliki aplikasi Cek Bansos, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Berikut cara cek BLT El Nino melalui aplikasi Cek Bansos, antara lain:

  1. Download Aplikasi Cek Bansos yang dirilis resmi oleh Kemensos
  2. Buat akun baru dan isi kolom data diri yang disediakan
  3. Lampirkan swafoto, serta foto KTP. Data kemudian akan diverifikasi oleh Kemensos
  4. Setelah data berhasil diverifikasi, klik login dan masukkan username serta password
  5. Pilih menu Cek Bansos dalam aplikasi itu dan lengkapi data
  6. Klik Cari Data

Cara Mencairkan Dana BLT El Nino

Cara Mencairkan Dana BLT El Nino

Pexels/Pixabay

Lalu selanjutnya untuk bisa mendapatkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) menghadapi fenomena El Nino yang nantinya akan terjadi pada tahun 2024. Terdapat dua cara untuk mencairkannya, yaitu lewat Bank Himbara dan PT. Pos Indonesia.  

1. Bank Himbara 

Himbara merupakan singkatan dari Himpunan Bank Milik Negara. Dengan kata lain, Bank Himbara adalah bank yang saham mayoritasnya dikuasai oleh pemerintah Indonesia.

Para nasabah di bank ini berada di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Cara tersebut tentunya sangat memudahkan, karena di kemajuan zaman seperti sekarang. Apalagi kebanyakan orang yang sudah memiliki KTP pasti sudah punya akun bank Himbara. 

Mama tinggal langsung datang saja ke salah satu bank Himbara atau bisa melalui ATM bank untuk mencairkan dana bantuan El Nino. 

2. PT. Pos Indonesia

Selain melalui Bank Himbara, BLT El Nino juga dapat dicairkan di Kantor Pos atau tempat yang sudah ditentukan lainnya. Nanti pihak dari Kantor Pos yang akan mengirim uang bantuan ke rumah kamu. 

Jadi, itulah tadi beberapa cara cek dan mencairkan dana BLT El Nino dari pemerintah. Dana ini tentu sangat berguna untuk membantu kebutuhan hidup sehari-hari ya, Ma. Semoga bermanfaat. Melansir dari popmama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *