Covid-19 Kian Meningkat, Kemenkes Imbau Masyarakat Lengkapi Dosis Vaksinasi

Kementerian Kesehatan

DasFacto – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong masyarakat untuk segera menyelesaikan dosis vaksinasi Covid-19, mengingat terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir.

Faktor-faktor yang memicu peningkatan kasus, lanjut Kementerian Kesehatan, meliputi munculnya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang lebih mudah menular. Serta peningkatan mobilitas masyarakat menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Aturan terkait vaksinasi dijelaskan dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor IM.02.04/C/4864/2023 tanggal 15 Desember 2023.

Baca Juga: Fadli Zon Sebut Prabowo Tampil Apa Adanya Saat Debat Capres

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dr. Maxi Rein Rondonuwu menekankan pentingnya masyarakat segera melengkapkan dosis vaksin Covid-19 dengan mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Seperti Puskesmas atau Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Bagi mereka yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19, khususnya lansia dan dewasa dengan komorbid, yang sudah mendapatkan vaksinasi minimal 6-12 bulan yang lalu. Disarankan untuk menerima satu dosis vaksin Covid-19.

Peningkatan kasus ini tercatat sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023. Data per 15 Desember menunjukkan peningkatan kasus konfirmasi COVID-19, dengan total 336 kasus yang merupakan peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

Baca Juga: Banyak Kasus Bunuh Diri Terjadi di Indonesia pada Tahun 2022

Status vaksinasi dapat dicatat dalam Pcare Vaksinasi selama masa transisi. Kemudian diaplikasikan dalam Aplikasi Sehat Indonesiaku ASIK dan melalui SIM RS SIMPUS atau sistem pencatatan terintegrasi lainnya di SATUSEHAT.

Sertifikat vaksinasi dapat diunduh melalui aplikasi SATUSEHAT Mobile. Untuk kendala penginputan, masyarakat dapat mengirimkan email ke helpdesk@kemkes.go.id.

Selain mendapatkan perlindungan dari vaksinasi, masyarakat juga diminta untuk selalu menggunakan masker saat sakit atau di tempat umum berisiko penularan Covid-19. Terutama bagi lansia dan penderita penyakit kronis.

Selain itu, penting untuk selalu mencuci tangan dan segera memeriksakan diri jika mengalami gejala Covid-19, seperti demam. Batuk, pilek, sesak nafas, dan melakukan isolasi jika hasil tes Covid-19 positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *