Andi Arief: Debat Cawapres itu Pepesan Kosong!

Andi Arief sebut debat cawapres pepesan kosong

DasFacto – Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief, menganggap bahwa debat calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 tidak memiliki substansi yang berarti.

Menurutnya, posisi wakil presiden dalam pemerintahan seharusnya dianggap sebagai “ban serep,” karena menurut Undang-Undang Dasar (UUD), wapres tidak memiliki tanda tangan kebijakan dan hanya memiliki kewenangan jika ditugaskan oleh presiden.

“(Wapres) Tidak punya tanda tangan kebijakan. Kalau Presiden menugaskan kewenangan itu bagian kewenangan Presiden,” ujarnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Andi melalui unggahan di akun media sosial X pada Selasa (19/12).

Baca Juga: Anies Soroti Putusan MK Soal Umur Cawapres, Kritik Fenomena Ordal

Ia menegaskan bahwa debat cawapres dianggap sebagai hal yang kosong karena posisi wakil presiden, menurut pandangan Andi, tidak memiliki peran signifikan dalam pembuatan kebijakan.

Debat cawapres ini dijadwalkan berlangsung pada 22 Desember, diikuti oleh tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Mahfud MD (nomor urut 3).

Tema-tema yang akan dibahas mencakup Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *