Politisi Turki Meninggal Saat Berikan Pidato Soal Bela Palestina

Politisi Turki Meninggal saat bela palestina

DasFacto – Seorang anggota parlemen oposisi Turki, Hasan Bitmez, meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung ketika sedang memberikan pidato yang membela Palestina.

Kejadian ini terjadi pada Kamis (14/12), dua hari setelah Bitmez mengalami serangan jantung dan pingsan di hadapan parlemen setelah menyampaikan kritik terhadap kebijakan pemerintah Ankara terhadap Israel.

Menurut keterangan resmi dari Parlemen Turki, Bitmez terjatuh ke lantai setelah berdiri di podium selama sidang umum.

Dalam pidatonya, ia mengkritik Partai AK yang dipimpin oleh Presiden Tayyip Erdogan. Terutama terkait perdagangan Turki dengan Israel yang berlanjut meskipun terjadi perang di Gaza.

Bitmez juga menyoroti hubungan perdagangan antara Ankara dan Tel Aviv yang masih berjalan. Meskipun ada retorika tajam dari pemerintah Turki terhadap tindakan militer Israel di Gaza. Politisi yang merupakan anggota partai oposisi Felicity (Saadet) ini meninggal di Rumah Sakit Kota Ankara.

Hasan Bitmez, lulusan Universitas Al Azhar Kairo. Ia sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pusat Penelitian Persatuan Islam Turki dan memiliki pengalaman bekerja untuk organisasi non-pemerintah Islam.

Pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Erdogan telah menjadi salah satu suara paling vokal dalam mengutuk agresi Israel di Gaza.

Pada awal Desember, Erdogan menyatakan bahwa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, akan diadili atas tuduhan kejahatan perang di Gaza.

Erdogan menekankan bahwa siapa pun yang melakukan invasi di Gaza akan menemui konsekuensi, dan ia menggambarkan Netanyahu sebagai “penjagal Gaza” yang akan diadili. Pernyataan ini menjadi bagian dari sikap keras Erdogan terhadap tindakan Israel di wilayah Gaza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *