Baliho Hilang Terus di Banten, TPN Ganjar-Mahfud: Selidiki!

baliho ganjar mahfud

DasFacto – TPN Ganjar-Mahfud meyakini bahwa pencopotan puluhan baliho mereka di Banten pada kunjungan Mahfud MD beberapa waktu lalu bukanlah tindakan spontan, melainkan dilakukan oleh kelompok tertentu yang telah merencanakannya.

Todung Mulya Lubis, Deputi Bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud, menyampaikan keprihatinannya atas insiden tersebut dan mengkhawatirkan kemungkinan terulangnya tindakan serupa yang telah direncanakan sebelumnya.

“Dugaan ini sepertinya sudah terencana, bukan lagi kejadian spontan. Kami mendesak penegak hukum, terutama Bawaslu, untuk menyelidiki pelanggaran pemilu yang diduga terjadi,” ungkap Todung dalam pernyataannya pada Jumat (15/12).

Baca Juga: Juru Bicara Ganjar-Mahfud: Emosi Prabowo Kerap Kali Keluar

Menurutnya, aksi pencopotan baliho seperti itu hanya dapat dilakukan oleh kelompok tertentu. Ia menekankan pentingnya agar semua lembaga pemerintahan tetap netral dalam peran mereka.

“Hanya kelompok tertentu yang bisa melaksanakan tindakan semacam itu. Oleh karena itu, kami dari TPN mengingatkan lembaga-lembaga pemerintahan untuk tetap mematuhi aturan hukum, khususnya terkait dengan netralitas,” tambahnya.

Todung juga meminta Bawaslu untuk segera melakukan penyelidikan terhadap kejadian tersebut, dan TPN berkomitmen untuk melaporkan insiden tersebut kepada Bawaslu.

“Jika nantinya dari hasil penyelidikan terungkap bahwa pencopotan baliho Ganjar-Mahfud tersebut melibatkan unsur pidana, kami berharap Bawaslu tidak ragu untuk menindaklanjuti secara hukum,” tegas Todung.

Sebelumnya, TPN melaporkan kehilangan puluhan baliho mereka di berbagai lokasi di Banten selama kunjungan Mahfud.

Setidaknya 70 alat peraga kampanye yang hilang secara misterius, seperti yang diungkapkan oleh Direktur Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Ronny Talapessy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *