Obat Kumur yang Ampuh Redakan Masalah Mulut

DasFacto – Sakit gigi memang menjengkelkan ya, Selain bikin enggak produktif dan susah makan, sakit gigi juga bisa bikin penderitanya jadi lebih sensitif dan emosianal.

Penyebab utamanya adalah infeksi oleh bakteri tertentu pada bagian gigi. Jika tidak segera diobati, sakit gigi bisa berkembang jadi gangguan kesehatan serius, lho.

Kalau tak ingin kebanyakan minum obat pereda nyeri, kamu bisa meradakan sakit gigi dengan obat kumur. Tapi harus diperhatikan kandungan di dalamnya ya.

Ada banyak jenis obat kumur. Jika kamu mencari obat kumur untuk meredakan sakit gigi, biasanya mengandung chlorhexidine, cetylpyridinium chloride, lidocaine, benzocaine hydrochloride, dyclonine hydrochloride, atau phenol.

Berikut 10 rekomendasi obat kumur yang ampuh untuk sakit gigi. Melansir dari popmama.

1. Tantum Verde Oral Rinse

1. Tantum Verde Oral Rinse

shopee.co.id

Tantum Verde Oral Rinse merupakan obat kumur dangan kandungan Bezydamine HCl dan alkohol. Benzydamine adalah obat untuk meredakan rasa sakit, peradangan, atau iritasi di mulut dan tenggorokan

Obat kumur ini digunakan untuk meringankan rasa sakit pada mulut dan tenggorokan, post ekstraksi gigi dan kelainan periodontal.

Obat kumur ini bisa digunakan 2-3 kali per hari sebanyak 1 sendok makan dengan dikumur selama 1 menit. Tapi pengobatan dengan obat kumur ini tidak boleh lebih dari 7 hari, ya.

Harga jual untuk kemasan 60 ml adalah Rp 31.300.

2. Systema Mouthwash

2. Systema Mouthwash

Systema Mouthwash merupakan obat kumur yang mengandung fluoride, isopropyl methylphenol (IPMP) dan juga dipotassium glycyrrhizinate (GK2).

Kandungan fluoride bisa membantu melindungi gigi dari plak, sedangkan isopropyl methylphenol (IPMP) menjadi katalisator dalam mengurangi karang gigi serta sebagai antimikroba di dalam mulut.

Systema Mouthwash juga mengandung dipotassium glycyrrhizinate (GK2) yang berfungsi untuk memulihkan radang dan infeksi gusi yang parah.

Untuk botol kemasan 250 ml dijual seharga Rp 125.000.

3. Betadine Mouthwash and Gargle

3. Betadine Mouthwash and Gargle

Betadine Mouthwash and Gargle mengandung zat aktif Povidone iodine, yang dapat mengatasi masalah mulut seperti sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut dan napas tidak segar.

Cara penggunaannya adalah dengan menuangkan Betadine Obat Kumur 15 ml sebanyak 3-4 kali sehari.

Obat kumur ini dijual dengan harga Rp 45.500.

4. Minosep Merah

4. Minosep Merah

Minosep Merah mengandung chlorhexidine gluconate yang terbukti mampu mengurangi dan mengatasi beragam keluhan rongga mulut, seperti sariawan, radang gusi, hingga bau mulut.

Sebotol Minosep Merah ukuran 60 ml bisa dibeli sekitar harga Rp 31.700.

5. Dentova Pro Periodontal Mouthwash

5. Dentova Pro Periodontal Mouthwash

Dentova Pro Periodontal Mouthwash merupakan obat kumur yang diformulasikan khusus oleh para dokter gigi untuk memberikan perlindungan menyeluruh bagi kesehatan gigi dan gusi.

Obat kumur inibisa juga menjadi alternatif pengobatan sakit gigi. Dentova Pro Periodontal Mouthwash memiliki antiseptik yang mampu memberantas mikroorganisme jahat.

Kamu bisa membelinya mulai harga Rp 21.000

6. Total Care Mouthwash Eucalyptus Mint

6. Total Care Mouthwash Eucalyptus Mint

Total Care Mouthwash Eucalyptus Mint mengandung eucalyptus yang bersifat antiradang dan antibakteri, sehingga banyak digunakan sebagai obat kumur sakit gigi serta obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kamu bisa membelinya mulai dari harga Rp 36.000.

7. Equate Hydrogen Peroxide

7. Equate Hydrogen Peroxide

Equate Hydrogen Peroxide mengandung hidrogen peroksida, yaitu antiseptik yang umum digunakan. Obat ini dapat digunakan sebagai obat kumur untuk membantu membuang lendir berlebih atau mengurangi iritasi pada mulut karena peradangan gusi atau sariawan.

Untuk dijadikan obat kumur, campurkan hidrogen peroksida dengan air dalam jumlah yang sama dengan hidrogen peroksida yang digunakan. Kumur larutan campuran hidrogen peroksida dengan air pada daerah mulut yang sakit selama setidaknya 1 menit lalu muntahkan kembali.

8. Total Care Anti Bacterial Mouthwash Lemon Herb

8. Total Care Anti Bacterial Mouthwash Lemon Herb

Total Care Anti Bacterial Mouthwash Lemon Herb mengandung bahan utama fluoride, xylitol dan Cetylpyridinium chloride (CPC) yang dapat mencegah dan mengurangi plak gigi.

Kandungan CPC juga terbukti dapat digunakan untuk obat sakit gigi. Sebuah studi dalam International Journal of Oral Science (2016) menemukan bahwa penggunaan obat kumur dengan CPC mampu memperlambat peradangan pada gusi.

Harga Total Care Anti Bacterial Mouthwash Lemon Herb berkisar mulai dari Rp 16.300.

9. OneMed Dental Hexidine

9. OneMed Dental Hexidine

OneMed Dental Hexidine merupakan larutan kumur pembilas rongga mulut pada terapi endodontic. Dengan kandungan 2 persen chlorexidine gluconate, obat kumur ini merupakan cairan antiseptik yang efektif untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab peradangan pada gusi dan gigi.

Namun, meski cukup efektif menghilangkan bakteri, chlorhexidine berisiko meninggalkan noda cokelat pada gigi. Penggunaan zat ini juga bisa menyebabkan iritasi dan mulut kering.

Kamu bisa membelinya mulai dari harga Rpc64.380.

10. Pepsodent Mouthwash Active Defense

10. Pepsodent Mouthwash Active Defense

tanyapepsodent.com

Pepsodent Active Defense Mouthwash mengandung cetylpridinium chloride yang dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan plak, radang gusi, dan bau mulut.

Obat kumur ini juga diperkaya dengan fluoride sehingga dapat menjaga gigi kamu tetap kuat dan mencegah gigi berlubang.

Kamu bisa membelinya seharga Rp 18.800. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *