Ini Dia Alasan Iqbaal berhenti dari film Dilan! Ancika 1995 diperankan Arbani Yasiz dan Zee JKT48

Film Ancika

Dasfacto – Film Dilan 1990 serta Dilan 1991 yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq, sempat menghebohkan Indonesia dengan romansa dan latar jadul yang sangat melekat setelah ditonton.

Euforia keberhasilan Iqbaal yang memerankan Dilan bahkan tidak hilang sampai beberapa tahun setelah film tersebut rilis, hingga sekuel film Milea: Suara dari Dilan tayang.

Tahun ini, masih berkelanjutan dari kisah Dilan, film Ancika 1995 digarap oleh sutradara Benni Setiawan tanpa Iqbaal. Ancika 1995 menceritakan tentang perjalanan cinta Dilan setelah putus dari Milea dan bertemu dengan Ancika.

Akun twitter @moviemenfes memposting poster dari Ancika 1995 dan mengumumkan Arbani Yasiz akan berperan sebagai Dilan, lalu Zee JKT48 menjadi lawan mainnya sebagai Ancika pada 31 Maret 2023.

Kabar ini mengejutkan netizen yang terlanjur menganggap Iqbaal adalah Dilan yang sejati, image Dilan terlalu melekat pada sosok Iqbaal.

Banyak yang merasa dengan mengganti pemeran Dilan, akan merusak imajinasi penonton yang sudah mengikuti sejak film Dilan 1990.

“Pidi Baiq beneran mau gantiin Iqbaal? Sumpah Dilan tuh udah klop parah sama Iqbaal” tulis seorang netizen di twitter pada kolom komentar.

Tidak sedikit yang kecewa dengan perubahan pemain untuk karakter fenomenal tersebut, sebagian besar merasa image Dilan yang sudah dibangun dengan kuat akan hancur dan berubah.

Banyak juga yang mempertanyakan kenapa Iqbaal hengkang dari kelanjutan film Dilan tersebut, sehingga membuat kaget seluruh penikmat film ayah Pidi Baiq.

Komentar-komentar berlawanan yang malah mendukung penggantian Iqbaal sebagai Dilan mulai bermunculan.

“Jangan menilai sebelum filmnya tayang, aktingnya Arbani bagus banget kok dari dulu. Udah tau skill akting dia di Roman Picisan” tulis netizen lain pada kolom komentar twitter.

Perdebatan dua kubu terus berlangsung di berbagai postingan dengan film Ancika 1995.

3 April 2023 akun twitter @HabisNontonFilm membocorkan kenapa Iqbaal tidak lagi bermain di sekuel film Dilan.

Rupanya, Benni Setiawan selaku sutradara Ancika 1995 mengatakan bahwa Iqbaal sendiri yang menolak untuk bermain di film Pidi Baiq.

Iqbaal sudah tidak mau lagi memerankan Dilan setelah film Milea karena ia merasa image Dilan terlalu menempel pada dirinya dan ia ingin mengeksplor karakter lain nantinya.

Pidi Baiq juga rupanya tak ingin tokoh Dilan hanya melekat pada satu orang saja, baginya Dilan dapat diperankan oleh siapa saja asal mendalami karakternya. Seperti James Bond yang bisa terus berganti.

Arbani Yasiz disebut memenangkan karakter Dilan setelah melewati proses casting dari beberapa calon lain. Melansir dari hops.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *