Kisruh MasterChef Indonesia, Benarkah Chindo di Istimewakan?

MasterChef

DasFacto – MasterChef Indonesia baru-baru ini kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal ini dikarenakan pemenang MCI selalu berasal dari keluarga keturunan China Indonesia (Chindo).

Persoalan bermula ketika Belinda salah satu konstentan, berhasil meraih juara pada MasterChef Indonesia season 11 pada pada Minggu (26/11/2023). Dalam kemenangan tersebut, Belinda mendapat skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan Kiki.

Namun, pandangan netizen menyatakan bahwa Kiki seharusnya menjadi pemenang dalam ajang MasterChef Indonesia 2023.

Baca Juga: Ada Upaya Penjegalan dari Projo Ganjar, TKN Prabowo-Gibran: Namanya Juga Usaha

Hal ini disebabkan oleh keahlian yang lebih unggul yang dimiliki oleh pemuda asal Medan tersebut dibandingkan dengan Belinda yang berasal dari keturunan Chindo.

Tidak hanya itu, netizen juga menggali dokumentasi pemenang MasterChef Indonesia dari musim 1 hingga 11, dan hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar pemenang berasal dari keturunan Chindo.

Hal ini menimbulkan keraguan terhadap kredibilitas penilaian yang dilakukan oleh juri MasterChef Indonesia.

Pertanyaannya kemudian muncul, apakah kemenangan yang diperoleh oleh keturunan Chindo di MasterChef Indonesia hanyalah kebetulan, atau adakah kecenderungan tertentu yang memengaruhi penilaian? Sebagai tanggapan terhadap polemik ini, beberapa netizen juga memulai diskusi tentang berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi hasil penilaian MasterChef Indonesia.

Beberapa di antaranya mencuatkan isu terkait preferensi atau kecenderungan tertentu dari juri terhadap peserta dengan latar belakang Chindo. Namun, perlu dicatat bahwa hal ini masih bersifat spekulatif dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

Baca Juga: PDIP Sindir Gemoy Cuma Gimmick, TKN Prabowo-Gibran: Yang Penting Rakyat Happy

“Yang punya tv kan Chindo, wajar aja Chindo slalu menang di mci. Untung aku udh gk ngikutin lgi. Muak sih, kebanyakan drama menurutku,” tulis seorang netizen.

“Intinya satu chindo pasti menang walaupun makananya kayak sampah, selagi chindo pasti juara 1,” tulis netizen lainnya.

“”MCI: MasterChef Indonesia ❌. MCC: MasterChef Chindo ✅,” sambung yang lain.

Belum Adanya Respon Resmi Pihak MasChef Indonesia

Meskipun diserang kritik oleh netizen Indonesia, penyelenggara MCI belum memberikan respons resmi terhadap masukan tersebut.

Pentingnya sebuah klarifikasi terkait kriteria penilaian, proses seleksi peserta, dan keobjektivitasan juri menjadi suatu keharusan dalam sebuah ajang kompetisi yang diharapkan mampu meredakan kontroversi yang sedang mencuat di dunia maya saat ini.

Walau demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa kontroversi ini dapat menimbulkan pertanyaan serius mengenai transparansi dan akuntabilitas dalam jalannya kompetisi tersebut.

Baca Juga: Anies Sebut adanya Penurunan Kepercayaan Rakyat di Deklarasi Pemilu Damai

Tindakan-tindakan konkret dan terukur diperlukan untuk menjaga integritas MasterChef Indonesia dan memastikan bahwa setiap peserta memiliki kesempatan yang sama, tanpa memandang latar belakang atau keturunan.

Pentingnya melakukan evaluasi menyeluruh terhadap proses penilaian MCI menjadi fokus utama di tengah maraknya isu ini.

Muncul pertanyaan apakah pemenang berikutnya di MCI juga akan berasal dari keluarga Chindo. Atau apakah penyelenggara akan melakukan perubahan untuk menghindari citra negatif terhadap kelangsungan kompetisi ini?

Sebagai sebuah kompetisi kuliner yang dihormati, MasterChef Indonesia diharapkan mampu memberikan jaminan bahwa setiap peserta, tanpa memandang asal usulnya. Memiliki peluang yang adil untuk meraih kemenangan.

Kini, netizen Indonesia menantikan klarifikasi resmi dan langkah-langkah yang sesuai untuk menjaga integritas kompetisi ini sehingga tetap menjadi sorotan positif dalam dunia kuliner Tanah Air.

Sebagai catatan, Belinda Christina dinobatkan sebagai juara MCI Season 11 dengan total skor 1867, sedangkan Kiki hanya mendapatkan 1857 poin. Terdapat perbedaan sebanyak 10 poin antara keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *