Istilah Arti Kata Chindo Yang Viral Gara-Gara MasterChef Indonesia

Istilah

DasFacto – Istilah chindo memang kerap digunakan sebagai bahasa gaul oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan anak muda. Namun tahukah kamu apa arti dari chindo? berikut ulasannya.

Istilah chindo sebenarnya tidak tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Chindo adalah singkatan dari Chinese-Indonesian dalam bahasa Inggris.

Secara umum, kata “chindo” sering digunakan untuk merujuk kepada individu yang tinggal di Indonesia dan memiliki keturunan China. Orang yang disebut sebagai chindo biasanya memiliki kulit putih dan mata sipit, sering kali juga dikaitkan dengan citra orang kaya.

Baca Juga: Ada Upaya Penjegalan dari Projo Ganjar, TKN Prabowo-Gibran: Namanya Juga Usaha

Walaupun memiliki akar kata Chinese-Indonesian, dalam penggunaannya, masyarakat Indonesia tidak membedakan apakah seseorang tersebut keturunan Cina atau berasal dari etnis serupa seperti Korea atau Jepang. Yang penting adalah memiliki ciri kulit putih dan mata sipit, maka istilah chindo kerap dilekatkan pada orang tersebut.

Meskipun istilah ini bersifat informal, penggunaannya seharusnya tidak sembarangan karena berkaitan dengan latar belakang suku seseorang. Hal ini perlu diingat karena istilah chindo menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah acara MasterChef Indonesia season 11 mengumumkan Belinda sebagai pemenang pada Minggu (26/11/2023).

Baca Juga: PDIP Sindir Gemoy Cuma Gimmick, TKN Prabowo-Gibran: Yang Penting Rakyat Happy

Tagar Chindo jadi Trending Topik

Tagar chindo menjadi trending topik di media sosial, di mana unggahan dengan tagar tersebut banyak berisi sindiran terhadap MasterChef Indonesia yang dianggap rasis. Kritik tersebut muncul karena sejak awal, pemenang MasterChef Indonesia selalu berasal dari keturunan Cina.

Netizen pun mempertanyakan pemilihan Belinda sebagai juara MasterChef Indonesia, menyatakan bahwa jumlah skor yang diperolehnya dianggap tidak adil dan tampak selektif. Mereka berpendapat bahwa Kiki, sebagai pesaing Belinda, seharusnya lebih layak menjadi juara karena kemampuannya yang dinilai lebih baik, ditambah dengan pujian positif dari para juri selama kompetisi berlangsung.

Sebagai akibatnya, netizen kini mempertanyakan keputusan penyelenggara MasterChef Indonesia, menciptakan diskusi yang ramai di kalangan pengguna media sosial.

Baca Juga: Anies Sebut adanya Penurunan Kepercayaan Rakyat di Deklarasi Pemilu Damai

“MasterChef Indonesia, skill no 2 yg penting chindo,” tulis akun @yunitaterry3.

“Berturut-turut loh ini. Ganti aja nama acaranya MasterChef Chindo. Lawak banget emang MasterChef Indonesia,” tulis akun @pakdosenkw.

“kalo mau chindo, kalah suruh dia ikut pilkada,” tulis akun @unmagnetism. 

“Masakanmu ga enak dan kamu ga bisa mengolah daging. Tapi karena kamu CHINDO jadi kamu pemenangnya,” ungkap akun @cratess_.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *