7 Trik Psikologi Ini Bisa Ubah Kehidupan Kamu Lebih Baik

Trik Psikologi

DasFacto – Trik Psikologi, seperti yang diketahui saat ini, di tengah-tengah kehidupan yang sudah semakin maju dengan berbagai perkembangan teknologi yang ada. Tentunya hal ini bisa mempengaruhi gaya hidup seseorang ke arah yang lebih baik atau tidak.

Terkadang, kehidupan yang terasa sulit dan berat bisa saja terjadi akibat dari pikiran yang terpengaruh akan berbagai hal yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu disebut sebagai trik psikologi. Entah itu dikarenakan rasa iri atau kurangnya percaya diri dalam melakukan segala sesuatu.

Kehidupan yang sulit bisa mempengaruhi psikologis seseorang yang mana hal ini pasti bisa mengganggu kesehatan mental seseorang. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk bisa mengubah hidup lebih baik?

Baca Juga: Permendag 31 Tahun 2023 Tunjukkan Keberpihakan Negara Terhadap UMKM

Ada banyak trik yang bisa dilakukan untuk mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Seperti memperbaiki gaya hidup dengan cara mengonsumsi makanan sehat ataupun bisa dengan cara menghindari gaya hidup sendentary Lifestyle.

Selain itu, ada juga trik Psikologi yang bisa dilakukan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik, dikutip dari berbagai sumber. Berikut ini tujuh tarik psikologi yang bisa membantu dalam mengubah hidup menjadi lebih baik:

1. Lebih dekat dengan orang lain (Miroring)

Gaya bicara, ketika seseorang bertemu dan berkomunikasi dengan teman ataupun orang yang baru dikenal, itu bisa mengikuti gaya bicara orang yang diajak bicara. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada lawan bicara.

Gunakan kata-kata dan frasa yang mirip sehingga orang yang diajak bicara merasa lebih dekat.

Baca Juga: Anies Baswedan Soal TikTok Shop: Kendalikan Barang Impor

Perhatikan bahasa tubuh yang digunakan ketika berbicara dengan seseorang. Karena terkadang bahasa tubuh yang salah bisa menimbulkan suatu persoalan yang tidak mengenakkan.

2. Buat presentasi lebih menarik (Zeigarnik effect)

Orang cenderung lebih mudah mengingat tugas yang belum selesai dari pada yang belum selesai. Hal bisa dimanfaatkan dalam melakukan intepretasi atau percakapan bisa dimulai dengan menyampaikan sebuah informasi yang menarik dan membiarkannya terbuka. Sehingga audiens yang mendengar ingin tahu dan terlibat.

3. Bangun reputasi positif (Halo Effect)

Manfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk membangun reputasi baik. Selain itu juga bisa dengan cara menujukan sisi positif yang baik dan menjauhkan diri dari hal negatif yang bisa membuat citra yang dibangun terlihat tidak baik.

Baca juga: 5 Fakta Mengapa TikTok Shop Resmi Ditutup Pemerintah!

4. Anti-nerves di acara penting (Know your war zone)

Hadir lebih awal pada suatu acara bisa membantu seseorang untuk melihat suasana seperti memiliki posisi duduk yang nyaman. Tentunya hal ini bisa membantu seseorang untuk terbiasa dengan segala aktivitas orang dalam sebuah acara penting.

Hal ini bermanfaat untuk bisa mengubah rasa takut seseorang menjadi lebih berani untuk melakukan interaksi atau aktivitas di luar atau di sebuah acara penting.

5. Belajar lebih mudah, (Feynman Technique)

Ketika seseorang sudah belajar dan sudah paham, maka untuk mengingat hal tersebut seseorang harus bisa mengajarkan pada orang lain juga. Ini bertujuan untuk membantu seseorang dalam mengingat apa yang sudah dipelajari.

Baca Juga: Hasil Survei LSI : Prabowo Unggul Di Kalangan Usia Muda!

6. Membuat orang lain lebih respect (Active Listening)

Bertanya, mencatat, dan membuat sebuah ringkasan dari apa yang sudah disampaikan oleh seseorang seperti, disampaikan oleh dosen, atau mungkin teman yang bercerita. Hal ini bisa membuat seseorang memberikan rasa respect dengan cara mendengarkan dengan baik. Kemudian balik bertanya itu menunjukkan bahwa orang tersebut merasa dihargai karena didengarkan apa yang disampaikannya.

7. Do More Action

Ketika seseorang melihat sesuatu yang disampaikan melalui media sosial atau suatu ilmu yang didapat dalam sebuah acara seminar atau Talkshow itu jangan hanyalah di catat atau disimpan saja. Akan tetapi apa yang sudah didapatkan itu harus dilakukan, tunjukan aksinya untuk bisa mengubah kehidupan ke arah yang lebih baik.

Itulah tujuh trik psikologi yang bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih baik, bisa lebih dekat dengan orang lain, membangun citra positif, serta bisa menjadi seorang yang respect terhadap sesama.

Mulai bisa memahami apa yang ada di sekitar yang mana hal ini dapat membantu seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *