Tips Makan dan Minum ala Rasulullah, Yuk Kita Coba

lirik sholawat

DasFacto – Tips Makan dan Minum ala Rasulullah, seperti yang diketahui manusia diharuskan menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Islam memberikan tips makan dan minum untuk menjaga kesehatan.

Rasulullah sebagai teladan yang terbaik, selalu memberikan tips makan dan minum kepada umatnya agar mereka menjadi umat yang tidak hanya sehat, tetapi juga fisiknya sempurna.

Berikut di bawah ini 5 tips makan dan minum ala Rasulullah yang patut diperhatikan oleh umat Islam. Hal ini akan memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh dan mental.

Baca Juga: Tips Sehat Bugar Ala Calon Presiden Prabowo Subianto

1. Tidak makan berlebihan

Hal ini sebagaimana pesan Rasulullah dalam sebuah hadits.

Dari Aisyah RA, “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

2. Berhenti makan sebelum kenyang

Menurut hadist riwayat Bukhari Muslim dijelaskan bahwa, “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.” Hadits tersebut dhaif, namun maknanya benar.

Baca Juga: Efek Tidur Berlebihan Bisa Berbahaya, Ini Sebabnya

3. Atur posisi makan

Nabi bersabda, “Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan.” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

4. Hindari makan haram

Disebut dalam Surat Al Maidah ayat 3 yang memiliki arti, “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”

Baca Juga: Penyebab Retina Mata Rusak

5. Tidak minum khamar

Disebut dalam salah satu ayat Al-Quran yaitu pada surat Al Maidah ayat 90-91 yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, yang adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaithan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat, maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).”

Itulah beberapa tips makan dan minum ala Rasulullah yang patut diperhatikan. Semoga dengan meneladani Rasulullah selain mendapatkan pahala kita juga mendapatkan keteladanan terbaik. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *