MUI: Hindari Menggunakan Produk Terafiliasi Dengan Israel!

Majelis Ulama Indonesia

DasFacto – Majelis Ulama Indonesia (MUI) beberapa waktu lalu mengeluarkan Fatwa Terbaru Nomor 83 Tahun 2023.

Dimana Majelis Ulama Indonesia menyatakan dukungan terhadap perjuangan Palestina. Dalam fatwa ini, umat Islam disarankan untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan produk yang terkait dengan Israel.

Menurut Ketua Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, menegaskan bahwa umat Islam dihimbau untuk menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel serta mendukung penjajahan dan zionisme.

Baca Juga: Amerika Serikat Diam-diam Tambah Senjata ke Israel untuk Perang

Fatwa ini juga menganjurkan pemerintah untuk mengambil langkah tegas dalam mendukung perjuangan Palestina. Termasuk melalui diplomasi di PBB dan negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk menekan Israel agar menghentikan agresi dan memberikan sanksi.

“Fatwa ini juga merekomendasikan agar umat Islam mendukung perjuangan Palestina seperti penggalangan dana kemanusiaan dan perjuangan. Mendoakan kemenangan, serta melakukan shalat ghaib untuk syuhada di Palestina, ” kata Niam melanjutkan.

Inti dari fatwa ini, lanjut Asrorun, menyatakan bahwa mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dari agresi Israel dianggap sebagai kewajiban hukum.

Baca Juga: Kulik: Mengapa Industri Senjata Israel Sangat Maju?

Dukungan tersebut dapat berupa distribusi zakat, infak, dan sedekah untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Dalam kondisi darurat dan mendesak. Dana zakat juga diizinkan untuk didistribusikan ke mustahik di lokasi yang lebih jauh, seperti untuk perjuangan Palestina.

Baca Juga: Kulik: Darimana Sumber Uang Israel untuk Perang?

Sebagai penegasan, fatwa menyatakan bahwa mendukung agresi Israel terhadap Palestina atau pihak yang mendukung Israel. Baik secara langsung maupun tidak langsung, dianggap sebagai tindakan yang haram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *