Kulik: Darimana Sumber Uang Israel untuk Perang?

Perang

DasFacto – Sudah sebulan sejak Israel melancarkan serangan ke Gaza, Palestina, dan diperkirakan telah mengeluarkan dana sekitar US$51 miliar atau sekitar Rp795 triliun untuk perang melawan Hamas.

Bantuan finansial signifikan datang dari Amerika Serikat (AS) sebesar US$3,8 miliar atau Rp60,27 triliun.

Tentu ini menjadikan Israel sebagai penerima bantuan luar negeri AS terbesar. Tak tanggung, totalnya mencapai US$263 miliar atau setara Rp4.171,70 triliun sejak 1946 hingga 2023.

Namun, sumber kekayaan Israel tidak hanya berasal dari bantuan AS. Produk Domestik Bruto (PDB) Israel mencapai US$522,03 miliar pada 2022, menunjukkan pertumbuhan yang stabil dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Pasca Kritik Polisi soal Pawai Pro-Palestina, PM Inggris Pecat Mendagri

Sektor utama ekonomi Israel terfokus pada teknologi tinggi dan industri manufaktur. Setidaknya, 25 persen tenaga kerja industri bekerja di sektor manufaktur berteknologi tinggi.

Penguasa Teknologi dan Gudang Startup Dunia

Israel berhasil mencapai prestasi internasional dalam berbagai sektor, termasuk elektronik medis, agroteknologi, telekomunikasi, kimia, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, serta industri berlian.

Negara ini juga dikenal sebagai pusat manufaktur dan perdagangan berlian terkemuka di dunia melalui Israel Diamond Exchange.

Dalam beberapa dekade terakhir, Israel juga telah menjadi tempat kelahiran banyak startup, menduduki peringkat setelah AS.

Industri modal ventura yang kuat mendukung startup Israel, yang berhasil mengumpulkan dana sekitar US$2,1 miliar pada Januari 2022.

Keandalan teknologi startup Israel terbukti dengan banyaknya perusahaan yang diakuisisi oleh perusahaan multinasional.

Tidak hanya dalam bidang teknologi, Israel juga menjadi negara pengekspor terbesar di dunia, dengan nilai ekspor kurma mencapai US$330,09 juta, mengungguli negara-negara lain seperti Tunisia dan Uni Emirat Arab.

Pembeli utama produk kurma Israel termasuk Italia, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Prancis, dan Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *