Kulik: Mengapa Industri Senjata Israel Sangat Maju?

Industri Senjata Israel

DasFacto – Didapuk sebagai salah satu kekuatan industri senjata global. Terpilih sebagai eksportir senjata terbesar ke-10 di dunia menurut data Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) pada Maret 2023.

Ya, negara itu ialah Israel. Negara ini tak main-main untuk industri senjatanya. Kontribusinya mencapai 2,3 persen dari total penjualan senjata dunia selama 2018-2022.

The Times of Israel melaporkan, ekspor senjata Israel pada tahun 2022 mencapai US$12,5 miliar. Penjualan ini meningkat dari US$11,4 miliar pada tahun sebelumnya.

Kementerian Pertahanan Israel mencatat pertumbuhan ini, yang melonjak dua kali lipat dibanding satu dekade lalu, ketika ekspor senjata berkisar US$5,6 miliar hingga US$7,5 miliar pada 2011-2016.

Para pejabat Israel menyatakan peningkatan permintaan senjata disebabkan perubahan geostrategis di Eropa akibat perang Rusia-Ukraina.

Asia-Pasifik menjadi pembeli terbesar barang-barang pertahanan Israel, diikuti Eropa, Amerika Utara, dan Afrika serta Amerika Latin.

Terkait jenis senjata, kendaraan udara tak berawak (UAV) dan drone menjadi kontributor utama ekspor senjata Israel (25 persen), diikuti oleh rudal, roket, dan sistem pertahanan udara (19 persen). Ekspor radar dan sistem peperangan elektronik menyumbang 13 persen dari penjualan senjata.

Baca Juga: Pasca Kritik Polisi soal Pawai Pro-Palestina, PM Inggris Pecat Mendagri

Adanya normalisasi hubungan dengan Israel oleh negara-negara Arab seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko juga berpengaruh, menyumbang 24 persen pada total ekspor senjata.

Kementerian Pertahanan Israel memprioritaskan bidang ekspor pertahanan sebagai fokus utama dalam beberapa tahun terakhir.

Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan Israel, Mayjen Eyal Zamir, menyatakan bahwa kemitraan strategis antara kementerian, IDF, dan industri pertahanan Israel telah membawa perubahan besar.

Naiknya permintaan ekspor senjata Israel diatasi oleh teknologi canggih yang dikembangkan oleh industri pertahanan mereka.

Perusahaan pertahanan Israel ini juga mahir mengumpulkan dana. Layaknya Amerika Serikat, industri senjata mereka mayoritas adalah milik swasta.

Berkat hal ini mereka dapat memperoleh teknologi baru melalui merger dan akuisisi. Bahkan di negara-negara yang baru saja menjalin hubungan dengan Israel seperti UEA, Bahrain, dan Maroko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *